Penerapan Model PBL Dengan Bantuan Media Wayang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Kelas 2

Imron Mashuri, Raras Setyo Retno, Widyaningrum Widyaningrum

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik kelas II di SD Negeri Pangongangan Kota Madiun pada mata pelajaran PPKN materi Keragaman Agama. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi Keragaman Agama melalui Penerapan Model PBL Dengan Bantuan Media Wayang. Subjek penelitian ini adalah peserta didik  kelas II SD Negeri Pangongangan Kota Madiun dengan jumlah sebanyak 24 peserta didik. Menurut (Monica:2018) Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) merupakan model pembelajaran  dimana siswa mengawali pembelajaran dengan menghadapi permasalahan dunia nyata dalam kehidupan sehari-hari untuk  memecahkan  pengalaman belajarnya. Tujuan utama dari sebuah penelitian adalah untyuk memperoleh data. Teknik pengumpulan data dalam kegiatan penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes serta dokumentasi serta dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan berbantuan media wayang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pra siklus 63%. Kemudian siklus I meningkat dengan jumlah 78% meningkat lagi siklus II dengan rata-rata 90%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dengan berbantuan wayang  dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKN  materi Keragaman Agama.

Keywords


Problem Based Learning; Hasil Belajar; Media Wayang

Full Text:

PDF

References


Ramdani, M .2014.” Lingkungan Pendidikan dan Implementasi Pendidika Karakter” dalam Jurnal Pendidikan Universitas Garut. Hal 28-37

Ibda, F. 2012. “Pendidikan Moral Anak Melalui Pengajaran Bidang Studi PPKn dan Pendidikan Agama” dalam Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA VOL. XII NO. 2. Hal 338-347

Afifatu,R. 2015.” Efektivitas Pembelajaran” dalam Jurnal Pendidikan Usia Dini. Universitas Negeri Jakarta. Hal 15-32

Teny, N. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar siswa” dalam jurnal ilmu-ilmu Al Qur-an, Hadist, Syariat. Universitas Negeri Sebelas Maret. Hal 171-187

Millah, A., Ramdhani, E. 2023. “Analisis Data Dalam Penelitian Tindakan Kelas” dalam Jurnal Kreatif Mahasiswa. Hal 140-152

Ani, W. 2008. “Penelitian Tindakan Kelas” dalam Jurnal Pendidikan Akuntasi Indonesia. Universitas Negeri Yogyakarta. Hal 87-93

Arikunto, Suharsismi, dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Imron Mashuri, Raras Setyo Retno, Widyaningrum Widyaningrum

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.