Penerapan Model PBL Dengan Bantuan Media Wayang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Kelas 2
Imron Mashuri, Raras Setyo Retno, Widyaningrum Widyaningrum
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik kelas II di SD Negeri Pangongangan Kota Madiun pada mata pelajaran PPKN materi Keragaman Agama. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi Keragaman Agama melalui Penerapan Model PBL Dengan Bantuan Media Wayang. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas II SD Negeri Pangongangan Kota Madiun dengan jumlah sebanyak 24 peserta didik. Menurut (Monica:2018) Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) merupakan model pembelajaran dimana siswa mengawali pembelajaran dengan menghadapi permasalahan dunia nyata dalam kehidupan sehari-hari untuk memecahkan pengalaman belajarnya. Tujuan utama dari sebuah penelitian adalah untyuk memperoleh data. Teknik pengumpulan data dalam kegiatan penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes serta dokumentasi serta dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan berbantuan media wayang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pra siklus 63%. Kemudian siklus I meningkat dengan jumlah 78% meningkat lagi siklus II dengan rata-rata 90%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dengan berbantuan wayang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKN materi Keragaman Agama.
Keywords
Problem Based Learning; Hasil Belajar; Media Wayang
References
Ramdani, M .2014.” Lingkungan Pendidikan dan Implementasi Pendidika Karakter” dalam Jurnal Pendidikan Universitas Garut. Hal 28-37
Ibda, F. 2012. “Pendidikan Moral Anak Melalui Pengajaran Bidang Studi PPKn dan Pendidikan Agama” dalam Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA VOL. XII NO. 2. Hal 338-347
Afifatu,R. 2015.” Efektivitas Pembelajaran” dalam Jurnal Pendidikan Usia Dini. Universitas Negeri Jakarta. Hal 15-32
Teny, N. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar siswa” dalam jurnal ilmu-ilmu Al Qur-an, Hadist, Syariat. Universitas Negeri Sebelas Maret. Hal 171-187
Millah, A., Ramdhani, E. 2023. “Analisis Data Dalam Penelitian Tindakan Kelas” dalam Jurnal Kreatif Mahasiswa. Hal 140-152
Ani, W. 2008. “Penelitian Tindakan Kelas” dalam Jurnal Pendidikan Akuntasi Indonesia. Universitas Negeri Yogyakarta. Hal 87-93
Arikunto, Suharsismi, dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Imron Mashuri, Raras Setyo Retno, Widyaningrum Widyaningrum
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.