Penggunaan Media Pembelajaran Puzzle Pecahan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Pecahan Kelas 2 SDN Pangongangan

Huda Wisesa, Raras Setyo Retno, Widyaningrum Widyaningrum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penggunaan media pembelajaran Puzzle Pecahan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika materi bilangan pecahan pada siswa kelas II di Sekolah Dasar Negeri Pangongangan Kota Madiun. Puzzle adalah kontruksi melalui kegiatan memasang atau menjodohkan kotak-kotak, atau gambar bangun-bangun tertentu sehingga akhirnya membentuk sebuah pola tertentu (Saryanti, 2022). Media puzzle yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa seperangkat puzzle matematika yang di dalamnya terdapat jenis-jenis pecahan sederhana seperti 1/2, 1/3, dan 1/4. Subjek penelitian ini adalah peserta didik  kelas II SD Negeri Pangongangan Kota Madiun dengan jumlah sebanyak 24 peserta didik. Tujuan utama dari sebuah penelitian adalah untyuk memperoleh data. Teknik pengumpulan data dalam kegiatan penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes serta dokumentasi serta dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan media pembelajaran Puzzle Pecahan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pra siklus 54%. Kemudian siklus I meningkat dengan jumlah 58% meningkat lagi siklus II dengan rata-rata 71%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Puzzle Pecahan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi Pecahan.

Keywords


Puzzle Pecahan; Matematika; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsismi, dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Bahar, & Risnawati. 2017. “Pengaruh penggunaan media puzzle terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III.” Jurnal Penelitian dan Penalaran, 9(4), 77-86.http://ojs.unm.ac.id/index.php/pubpend.

Dewi Sri Muliani, Andi Makkasau, S. D. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Pecahan Pada Siswa Kelas V Sdn 23 Takku Kecamatan Segeri Kabupaten Pangkep. Global Journal Teaching Professional, 1(1), 24–29.

Indahsari, L. K. N. (2021). Pengembangan Media Puzzle Edukasi Pada Materi Pecahan Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas Iii Mi Hayatul Islamiyah Pakis Malang. Http://Www.Ufrgs.Br/Actavet/31-1/Artigo552.Pdf

Nasaruddin, N. (2013). Karakterisik dan ruang lingkup pembelajaran matematika di sekolah. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 63-76.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333-352.

Saryanti, E. (2022). Penggunaan Media Puzzle Pecahan Biasa Pada Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Pecahan. Conference.Ut.Ac.Id.

Siagian, Muhammad Daut.2016. Kemampuan Koneksi Matematik Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Of Mathematics Education And Sciene. Volume 2 Nomor 1. 58-67

Sogen, D. E., Lawotan, Y., & Hero, H. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Puzzle Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Kelas II SD Inpres Belang. Journal on Education, 5(3), 6492-6599.

Wardani, IGAK., dan Kuswaya Wihardit. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Tangerang: Universitas Terbuka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Huda Wisesa, Raras Setyo Retno, Widyaningrum Widyaningrum

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.