Penerapan Liveworksheet Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Pecahan Senilai di Kelas IV SD Negeri 04 Klegen Madiun Tahun Pelajaran 2023/2024

Hilda Fadhila, Hartini Hartini, Rohmadi Rohmadi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peserta didik kelas IV di SDN 04 Klegen Madiun tahun pelajaran 2023/2024 dapat meningkatkan hasil belajar matematika dengan menerapkan liveworksheet. Penelitian ini mengadopsi pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK). Setiap siklus terdiri dari empat tahap: perencanaan, pelaksanaan kegiatan, observasi, dan refleksi. Terdapat 12 peserta didik kelas IV SD Negeri 04 Klegen yang menjadi subjek penelitian. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data melibatkan wawancara, tes, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pada tahun pelajaran 2023/2024 penerapan liveworksheet berhasil meningkatkan hasil belajar matematika kelas IV SD Negeri 04 Klegen. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya persentase peserta didik yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 66,67% dengan rata-rata 71 pada siklus 1, dan 91,67% dengan rata-rata 84 pada siklus 2.

Keywords


Hasil Belajar; Liveworksheet; Matematika

Full Text:

PDF

References


Atmojo, I. R. (2022). Pemanfaatan LKPD Interaktif Berbasis Liveworksheet Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Muatan IPA Peserta Didik Kelas V di SD Negeri Jajar Kota Surakarta. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 3(2), 241. doi:https://doi.org/10.33394/jpu.v3i2.5514

Azizah, A. &. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaram. Jurnal Auladuna, (14), 1522. Retrieved from https://ejournal.inaifas.ac.id/index.php/auladuna/article/download/475/341

Faizah, S. N. (2017). Hakikat Belajar Dan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. 1 (2), 175-185.

Hermawati, E. d. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd. Interaktif Untuk Pembelajaran Konsep Mol di Kelas X Sma. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia, 3 (2), 168-178.

Indriani, S. &. (2022 ). JOURNAL ON TEACHER EDUCATION : Research & Learning in Faculty of Education Respon Peserta Didik terhadap E-LKPD Berbantuan Liveworksheets sebagai Bahan Ajar Segitiga dan Segiempat. 3 (2), 315–323.

Jannah, F. (2015). Inovasi Pendidikan Dalam Rangka Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Penelitian Tindakan Kelas. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP UNLAM, 1(1), 2732. Retrieved from https://rumahjurnal.net/index.php/PS2DMP/article/view/215

Khikmiyah, F. &. (2021). IMPLEMENTASI WEB LIVE WORKSHEET BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6, 1–12. Retrieved from https://www.ejournal.my.id/pedagogy/article/view/1193/1054

Lestari, S. (2018). Peran Teknologi Dalam Pendidikan Di Era Globalisasi.

Nadifatinisa, N. &. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thingking Skill (HOTS) Pada Pembelajaran IPA Materi Ekosistem Kelas V. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 344. doi:https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.37574

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, A. (2012). Cooperative Learning, Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Widiyanti, A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar E-Lkpd Menggunakan Live Worksheet Pada Materi Bangun Datar Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Hilda Fadhila, Hartini Hartini, Rohmadi Rohmadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.