Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Peserta Didik Kelas VIII SMPN 2 Madiun Pada Pelajaran Pendidikan Pancasila

Fauziyyah Pratiwi, Nuswantari Nuswantari, Siti Mukawanah

Abstract


Di era digital yang penuh dengan informasi ini, kemampuan literasi menjadi sangat penting bagi setiap individu, terutama bagi peserta didik. Literasi merupakan kemampuan seseorang untuk membaca, menulis, memahami, dan menggunakan informasi dengan efektif. Khususnya pada pelajaran Pendidikan Pancasila yang memuat isu-isu sosial, politik, dan ekonomi. Hal tersebut tentunya membutuhkan kemampuan untuk membaca, menganalisis, dan menginterpretasikan informasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi peserta didik kelas VIIIF SMPN 2 Madiun melalui pembelajaran berbasis masalah (PBL). Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan deskriptif komparatif sebagai Teknik analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan literasi peserta didik kelas VIIIF setelah mengikuti pembelajaran dengan model PBL Hal ini dibuktikan dengan adanya kenaikan presentase pada tingkat kemampuan peserta didik kategori sangat tinggi dan tinggi  serta penurunan jumlah peserta didik dengan kemampuan sedang dan rendah setelah dilaksanakan siklus I dan siklus II. Peneliti dapat menyimpulkan bahwa (1) model PBL mendorong peserta didik aktif dalam membaca berbagai sumber dan menyimpulkan informasi untuk memecahkan masalah. (2) PBL mengharuskan peserta didik untuk mencatat hasil diskusi dan membuat presentasi yang dapat mengasah kemampuan menulis serta berpikir kritis. (3) PBL mampu melatih kemampuan berkomunikasi peserta didik melalui kegiatan presentasi dan diskusi kelas.


Keywords


Literasi; Pembelajaran Berbasis Masalah; Pendidikan Pancasila

Full Text:

PDF

References


Alam, S. (2023). Hasil PISA 2022, Refleksi Mutu Pendidikan Nasional 2023. Retrieved from https://mediaindonesia.com/opini/638003/hasil-pisa-2022-refleksi-mutu-pendidikan-nasional-2023

Azizah, A. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475

Budiharto, Triyono, & Suparman. (2018). Literasi Sekolah Sebagai Upaya Penciptaan Masyarakat Pebelajar Yang Berdampak Pada Peningkatan Kualitas Pendidikan. Seuneubok Lada: Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya Dan Kependidikan, 5(1),153–166.Retrievedfrom https://ejurnalunsam.id/index.php/jsnbl/article/view/888

Hermawan, R., Rumaf, N., & Solehun, S. (2020). Pengaruh Literasi terhadap Keterampilan Membaca pada Siswa Kelas IV SD Inpres 12 Kabupaten Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(1), 56–63. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v2i1.411

Pemerintah Indonesia. (2004). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL. Jakarta. Retrieved from https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/UU_tahun2003_nomor020.pdf

Kemdikbud. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Retrieved from https://kbbi.kemdikbud.go.id/

Lestari, D. D., Ansori, I., & Karyadi, B. (2017). Penerapan Model PBM untuk Meningkatkan Kinerja dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 45–53. https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1.45-53

Nurhadiana. (2022). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN LITERASI MEMBACA SISWA KELAS V SD NEGERI KAJHU ACEH BESAR. UNIVERSITAS BINA BANGSA GETSEMPENA.

Ramadhani Kurniawan, & Afi Parnawi. (2023). Manfaat Literasi Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(1), 184–195. https://doi.org/10.55606/jpbb.v2i1.1148

Rilo Rianda, Mashudi, M. U. (2019). Pengaruh Literasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi. JPPK: Journal of Equatorial Education and Learning, 8(4), 1–8.

Rohim, C. D., & Rahmawati, S. (2020). Peran Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 6(3), 2.

Rohman, A. (2022). Literasi dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis di Era Disrupsi. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 2(1), 40. https://doi.org/10.30821/eunoia.v2i1.1318

Sugiarti, T., Sintia, M., Hawari, S. N., Fikri, N., & Nurafia, M. (2022). Penggunaan Metode Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas X IPA Kecamatan Tanjung Priok. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, (58), 277–282.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D, dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta.

Sukmawati, A., Ni’ma, S. L., & Marsanti, A. P. N. (2023). Peranan Budaya Literasi Dalam Membentuk Pendidikan Karakter Siswa. Jurnal Basicedu, 7(4), 2051–2060. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i4.5839

Triwiyanto, T. (2014). Pengantar Pendidikan (Cetakan Pe; Y. S. Hayati, Ed.). Jakarta: Bumi Aksara. Retrieved from http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2017/10/BUKU-PENGANR-PENDIDIKAN.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Fauziyyah Pratiwi, Nuswantari Nuswantari, Siti Mukawanah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.