Efektivitas Layanan Bimbingan Klasikal Menggunakan Metode Project Based-Learning untuk Meningkatkan Pemahaman tentang Gaya Belajar Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Nglames Kabupaten Madiun

Nadia Rahmawati, Dahlia Novarianing Asri, Dwi Zaini Imron Susilo

Abstract


Gaya belajar merupakan cara yang konsisten yang dilakukan oleh seorang siswa dalam menangkap stimulus atau informasi, mengingat, berpikir, dan memecahkan soal. Gaya belajar yang sesuai dengan cara siswa dalam belajar akan meningkatkan prestasi hasil belajar mereka. Setiap siswa memiliki kemampuan dan cara belajar yang berbeda. Observasi di SMA Negeri 1 Nglames Madiun menunjukkan bahwa banyak siswa kelas X yang belum memahami gaya belajar, macam-macam gaya belajar, dan ciri-ciri dari setiap gaya belajar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang gaya belajar pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Nglames Madiun melalui layanan bimbingan klasikal dengan metode project based-learning. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTBK (Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas X-D di SMA Negeri 1 Nglames Madiun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan layanan bimbingan klasikal dengan metode project based-learning dapat efektif meningkatkan pemahaman siswa tentang gaya belajar.

Keywords


Bimbingan Klasikal; Project Based-Learning; Gaya Belajar

Full Text:

PDF

References


B. Uno, Hamzah. 2010. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Chatib, Munif. 2012. Sekolahnya Manusia : Sekolah Berbasis Multiple Intelligences di Indonesia. Bandung : KAIFA.

De Porter, Bobbi, dan Mike Hernacki. 2013. Quantum Learning. Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung : KAIFA.

Fatoni, M. 2021. Meningkatkan Kepercayaan Diri Peserta Didik Melalui Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama. Blended Learning, 2 (1), 1-14.

Gardner, H., 1983. Frames of Mind : The Theory of Multiple Intelegence .New York:New Stain.

Ghufron, M.N. dan Risnawati, R. 2014. Gaya Belajar Kajian Teoritik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2014. Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan.

Nasution, S. 2013. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Prashnig, B. 2007. The Power of Learning Styles : Memacu Anak Melejitkan Prestasi dengan Mengenali Gaya Belajarnya. (Terjemahan Nina Fauziah). Bandung: Mizan.

Prayitno & Erman Amti. 2004. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta :Rineka Cipta.

Riduwan. 2014. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D, Cetakan ke- 24. Bandung : Alfabeta.

Teknik Informatika. 2020. Panduan Project Based-Learning. : Universitas Bina Darma.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nadia Rahmawati, Dahlia Novarianing Asri, Dwi Zaini Imron Susilo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.