Model Pembelajaran Learning Cycle Tipe 7E Berbantuan Media Google Sites Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V

Wildan Rizky Alamsyah, Heny Kusuma Widyaningrum, Cerianing Putri Pratiwi

Abstract


Tuujuan dari penelitian ini yaitu supaya mengetahui pengaruh model pembelajaran Learning Cycle Tipe 7E dengan bantuan media Google Sites terhadap hasil belajar siswa kelas V, Penelitian kuantitatif adalah jenis penelitian ini dengan desain Quasy Eksperiment. Subyek penelitian terdiri dari 50 siswa kelas V SDN Manguharjo Kota Madiun yang terdiri dari 24 siswa kelas eksperimen dan 26 siswa kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes, observasi dan dokumentasi. Pengumpulan data melalui posttest. Teknik analisis data yaitu dengan uji normalitas dan uji homogenitas dengan bantuan Excel. Penguji hipotesis menggunakan Independen sampel t tes. Penelitian ini memperoleh hasil yaitu ada perbedaan yang signifikan kelas yang menerapkan model Learning Cycle Tipe 7E dengan bantuan media Google Sites. Hasil penilaian rata-rata hasil belajar di kelas eksperimen memperoleh rata-rata sebesar 81 serta pada kelas kontrol yang menggunakan model PBL memperoleh rata-rata sebesar 77 dan hasil perhitungan hipotesis menunjukkan bahwa nilai Sig (2-tailed) = 0,035 < 0,05 maka  diterima. Model Learning Cycle Tipe 7E berbantuan media Google Sites berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran bahasa Indonesia


Keywords


Learning Cycle Tipe 7E, Google Sites, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Andini, O., Saputra, R., & Putri, S. R. (2021). Pengaruh Model Learning Cycle “5E” Terhadap Hasil Belajar IPA Tema I Sub Tema I Siswa Kelas VI Di SDN 17 Sitiung Kabupaten Darmasraya. De_Journal (Dharmas Education Journal), 2(2), 295–300. http://ejournal.undhari.ac.id/index.php/de_journal

Diana, A., Putra, A., & Ramadhani, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7e Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema 6 “Aku dan Cita-Citaku” SD Negeri 6 Langsa. Journal of Basic Education Studies, 2(1), 79–88.

Fadjarajani, S., Indrianeu, T., Haekal, T. M., Purnama, Y. I., Abdullah, G., Saleh, M., ... & Nasir, M. (2020). Media Pembelajaran Transformatif. Media Pembelajaran.

Ghilben, S. N., Widyaningrum, H. K., & Suyanti, S. (2022). Implementasi model picture and picture berbantuan aplikasi camtasia pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 531-538.

Hikmawati, F. (2020). Metodologi Penelitian. PT Rajagrafindo Persada.

Holilah, A., Nurfadhillah, S., & Odah, S. (2020). Pengaruh Model Learning Cycle 7E Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas IV SD Negeri Sangiang Jaya. In Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial (Vol. 2, Issue 3). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Magdalena, I., Shafani, H. T., & Ramadhani, V. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas 5 SDN Dukuh 3. In Jurnal Pendidikan dan Dakwah (Vol. 3, Issue 2). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa

Maulidah, M. (2015). Pengaruh Learning Cycle 7e Berbasis Kontruktivisme Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis SIswa Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan.

Maulidina, A., Hartini, H., & Widyaningrum, H. K. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Spinning Wheel Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas II SDN 2 Gagakan. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 1-14.

Mulyasari, W., Irianto, D. M., & Kurniawan, D. T. (2022). Penerapan Model Siklus Belajar (Learning cycle) untuk Siswa Sekolah Dasar. 4(4), 6258–6266. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.2957

Nani, N., & Hendriana, E. C. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SDN 12 singkawang. Journal Of Educational Review And Research, 2(1), 55–62.

Pratiwi, C. P., & Widyaningrum, H. K. (2022, May). Penggunaan media pembelajaran berbasis audio-visual terhadap keterampilan menulis kelas IV. In Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan.

Rosiyana, R. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Google Sites Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Jarak Jauh Siswa Kelas VII SMP Islam Asy-Syuhada Kota Bogor. Jurnal Ilmiah KORPUS, 5(2), 217–226. https://doi.org/10.33369/jik.v5i2.13903

Septianingrum, I. (2022). Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Untuk Meningkatkan Keterampilan. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 273. https://doi.org/10.20961/jkc.v10i2.65506

Sidik, M. P., & Sunarsi Denok. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Pascal Books.

Suharsimi, A. (2010). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.

Sulfasyah, S., & Arifin, J. (2017). Komersialisasi Pendidikan. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 4(2). https://doi.org/10.26618/equilibrium.v4i2.499

Sumaryamti, S. (2023). Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 4(1), 47–55. https://doi.org/10.36418/jist.v4i1.564

Suparlan, S. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesai Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 245–258. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia

Tias, I. W. U. (2017). Penerapan Model Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Dwiji Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 1(1), 50–60. https://doi.org/10.20961/jdc.v1i1.13060


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Wildan Rizky Alamsyah, Heny Kusuma Widyaningrum, Cerianing Putri Pratiwi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.