Implementasi Model Pembelajaran PBL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Matematika Pada Siswa Kelas 5 SDN 03 Nambangan Kidul Tahun Pelajaran 2023/2024

Amelinda Dwi Pangestika, Purwandari Purwandari, Nanik Yuliani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran PBL untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa, (2) mendeskripsikan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa kelas 5A SDN 03 Nambangan Kidul melalui model pembelajaran PBL. Desain penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subjek penelitian adalah siswa kelas 5A yang berjumlah 29 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan setiap siklus mencakup empat tahap: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa. Pada hasil belajar diketahui dari indikator hasil belajar siswa siklus I pada kategori kurang tinggi. Sedangkan pada siklus II seluruh indikator hasil belajar telah mencapai kategori sangat tinggi. Pada hasil aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat pada siklus I sebesar 50% (kurang aktif) sedangkan pada siklus II sebesar 90%(sangat aktif).

Keywords


PBL; Hasil Belajar; Aktivitas Belajar

Full Text:

PDF

References


Fitri Hayati dkk. (2021). “Karakteristik Perkembangan Siswa Sekolah Dasar : Sebuah Kajian Literatur”. Jurnal Pendidikan Tambusai. Volume 5 Nomor 1 Tahun 2021.

Hartini, S. (2019). Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Motif Berprestasi Peserta Didik: Studi di SDN Karangpucung 04 dan SDN Karangpucung 05 Kabupaten Cilacap. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 3(1), 71-76.Mulyasa, Enco, 2002, Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. PT Remaja Rosdakarya, hal. 7.

Mardhiyana, D., & Sejati, E. O. W. (2016). Mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dan rasa ingin tahu melalui model pembelajaran berbasis masalah. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 672-688).

Mareti, J. W., & Hadiyanti, A. H. D. (2021). Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(1), 31-41.

Musfirah,Nurul Mukhlisa, Nur Fitri. (2021). Penerapan Model Take And Give Pada Pembelajaran Tema 2 Tentang Persatuan dan Kesatuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VI UPT Sd Negeri 109 Pinrang.

Jurnal Publikasi Pendidikan, volume XX6 Nomor XX, XX p-ISSN

Prasetiawan, H., & Supriyanto, A. (2016). GUIDANCE AND COUNSELING COMPREHENSIF PROGRAM IN EARLY CHILDHOOD EDUCATION BASED ON DEVELOPMENTAL TASK. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 3(3), 95-103.

Putra, S. P. (2013). Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Yogyakarta: DIVA Press.

Pane, A., & Dasopang, M.D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 03(2), 333-35

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar ruzz Media.

Supriyanto, A., Hartini, S., Syamsudin, S., & Sutoyo, A. (2019). Indicators of professional competencies in research of Guidance and Counseling Teachers. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 9(1), 53-64.

Weissinger, PA. (2004). Crithical Thinking, Metacognition and Problem-based Learning Approaches : International Perspective (pp. 39-62). Singapore : Learning Asia

Wulandari, E., Budi, H. S., Suryandari, K. S. (2012). Penerapan Model PBL (Problem Based Learning) Pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD. Kalam Cendekia PGSD Kebumen, 1(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Amelinda Dwi Pangestika, Purwandari Purwandari, Nanik Yuliani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.