Implementasi Pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran IPAS Kelas IV

Alfina Risanjani, Rosita Ambarwati, Nunik Widiastutiningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPAS dengan mengimplementasikan pendekatan Teaching At The Right Level (TaRL). Jenis penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian dengan menggunakan 1 kelas yaitu pada kelas IV sebanyak 13 siswa di SDN Tempursari 02. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Tindakan Kelas dengan observasi di kelas dan memberikan angket motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPAS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendekatan TaRL dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dimana pada prasiklus motivasi belajar siswa ada pada presentase 40 % dengan kategori rendah, pada siklus I presentase motivasi belajar siswa meningkat menjadi 59,9 % dengan kategori sedang dan pada siklus  II meningkat menjadi 75,19% dengan kategori tinggi. Dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran IPAS dengan Implementasi Pendekatan TaRL dapat meningkatkan motivasi siswa, karena siswa dikelompokkan sesuai dengan tingkat kemampuannya, siswa menyukai kolaborasi dengan berdiskusi dalam kelompok untuk menyelesaikan tugas yang diberikan, dan siswa bebas dan berani dalam mengemukakan pendapat selama proses pembelajaran berlangsung.

Keywords


TaRL; Motivasi belajar; IPAS

Full Text:

PDF

References


Ainun, H., Yunus, S. R., & Alim, M. H. (2023). Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMP. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(3), 1070–1075.

Ayu Desy N. Endah Lulup T P. dan Suharsono Naswan. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar Spiritual Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Ekonomi, 4(1), 4.

Azzahra, G. F., Asbari, M., & Ariani, A. S. (2023). Pendidikan Multikultural: Menuju Kesatuan Melalui Keanekaragaman. Journal of Information Systems and Management, 02(06), 1–7. https://jisma.org

Burns, A. (1999). Collaborative Action Research for English Language Teachers (p. 32). Cambridge University Press.

Lomu, L., & Widodo, S. A. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia, 0(0), 745–751.

Ningrum, M. C., Juwono, B., & Sucahyo, I. (2023). Implementasi Pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Fisika. PENDIPA Journal of Science Education, 7(1), 94–99. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/pendipa94

Rosiyani, A. I., Aqilah Salamah, Lestari, C. A., Anggraini, S., & Ab, W. (2024). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Ipas Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 10. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.271

Serma Adi, N. N., Nyoman Oka, D., & Surata, I. K. (2024). Implementasi Pendekatan Teaching At the Right Level (Tarl) Terintegrasi Konsep Understanding By Design (Ubd) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sma Pada Pembelajaran Biologi. Widyadari, 25(1), 157–172. https://doi.org/10.59672/widyadari.v25i1.3662

Suharyani, S., Suarti, N. K. A., & Astuti, F. H. (2023). Implementasi Pendekatan Teaching At The Right Level (Tarl) Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Anak Di SD IT Ash-Shiddiqin. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 8(2), 470. https://doi.org/10.33394/jtp.v8i2.7590

Ujud, S., Nur, T. D., Yusuf, Y., Saibi, N., & Ramli, M. R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma Negeri 10 Kota Ternate Kelas X Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Bioedukasi, 6(2), 337–347. https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i2.7305


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Alfina Risanjani, Rosita Ambarwati, Nunik Widiastutiningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.