Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas IV

Alfin Safitri, Hendra Erik Rudyanto, Sumarsih Sumarsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL) di kelas IV SD Negeri 02 Klegen Kota Madiun. Jenis penelitian yang diambil adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan prosedur 2 siklus. Dalam siklusnya terdiri atas 4 langkah anatara lain: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD Negeri 02 Klegen yang berjumlah 20 siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran IPAS BAB 7 Bagaimana Mendapatkan Semua Kebutuhan Kita khususnya pada materi Kebtuhan Manusia kelas IV SD Negeri 02 Klegen Kota Madiun berhasil mengalami peningkatan. Pada siklus pembelajaran I, rata-rata nilai siswa 77,4 dengan rentang 65 sampai 86, dan pada siklus 2 rata-rata nilai meningkat menjadi 86,4 dengan rentang 78 sampai 95.

Keywords


Hasil Belajar; IPAS; Problem Based Learning (PBL)

References


Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Sd. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran. Https://Doi.Org/10.23887/Jipp.V5i3.36230.

Edy Surahman, Mukminan, “Peran Guru IPS Sebagai Pendidik dan Pengajar Dalam Meningkatkan Sikap Sosial Dan Tanggung Jawab Sosial Siswa SMP ,” Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS 4, no.1 (2017).

Hidayat, Rachmad Agus, Roesminingsih, and Agus Suprijono. 2022. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Meggunakan Garismatika Dengan Model Problem Based Learning. Jurnal Basicedu 6 (5): 7913-22. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3661.

Jalmo, T., Fitriyani, D., Yolida Pendidikan Biologi, B., Lampung, U., & Soemantri Brodjonegoro No, J. (2019). Penggunaan Problem Based Learning untuk Meningkatkann Keterampilan Kolaborasi Dan Berpikir Tingkat Tinggi. In Jurnal Bioterdidik (Vol. 7, Issue 3).

Kurniasih, P. D., Nugroho, A., & Harmianto, S. (2020). Peningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) dan Kerjasama Antar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Media Kokami Di Kelas Iv Sd Negeri 2 Dukuhwaluh. Attadib: Journal of Elementary Education, 4(1), 23–35.

Maqbullah, S., Sumiati, T., & Muqodas, I. (2018). Penerapan model problem based learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran ipa di sekolah dasar. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 13(2).

Nurjanah, L., Handayani, S., & Gunawan, R. (2021). Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial Dalam Dunia Pendidikan. Chronologia. Https://Doi.Org/10.22236/Jhe.V3i2.7242.

Parasamya, Cut Eka dan Agus Wahyuni. 2017. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa Melalui https://jim.usk.ac.id/pendidikan-fisika/article/view/2145/1106.

Purba, Frikson Jony. 2018. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Demonstrasi” 6 (3): 83 - 91. https://doi.org/10.24114/inpafi.v6i3.11115.

Saputra, Hardika. 2021. Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). Jurnal Pendidikan Inovatif, 5 (3).

Sudasma, I. K. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips. Jurnal Santiaji Pendidikan (Jsp). Https://Doi.Org/10.36733/Jsp.V10i2.1076.

Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 Pada Pendidikan Di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, Dan Proses Pembelajaran. Salam: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I. Https://Doi.Org/10.15408/Sjsbs.V7i5.15314.

Tanjung, R. (2019) ‘Manajemen Pelayanan Prima Dalam Meningkatkan Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Pembelajaran (Studi Kasus di STIT Rakeyan Santang Karawang)’, Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3(1), pp. 234–242.

Tri Sukitman, “Konsep Pembelajaran Multiple Intelligence Dalam Pendidikan IPS Di Sekolah Dasar,” Jurnal Likhitaprajna 18, no. 1 (2016).

Widiastuti, E. R., & Kurniasih, M. D. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Software Cabri 3d V2 Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika. Https://Doi.Org/10.31004/Cendekia.V5i2.690.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Alfin Safitri, Hendra Erik Rudyanto, Sumarsih Sumarsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.