Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas IV
Abstract
Keywords
References
Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Sd. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran. Https://Doi.Org/10.23887/Jipp.V5i3.36230.
Edy Surahman, Mukminan, “Peran Guru IPS Sebagai Pendidik dan Pengajar Dalam Meningkatkan Sikap Sosial Dan Tanggung Jawab Sosial Siswa SMP ,” Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS 4, no.1 (2017).
Hidayat, Rachmad Agus, Roesminingsih, and Agus Suprijono. 2022. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Meggunakan Garismatika Dengan Model Problem Based Learning. Jurnal Basicedu 6 (5): 7913-22. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3661.
Jalmo, T., Fitriyani, D., Yolida Pendidikan Biologi, B., Lampung, U., & Soemantri Brodjonegoro No, J. (2019). Penggunaan Problem Based Learning untuk Meningkatkann Keterampilan Kolaborasi Dan Berpikir Tingkat Tinggi. In Jurnal Bioterdidik (Vol. 7, Issue 3).
Kurniasih, P. D., Nugroho, A., & Harmianto, S. (2020). Peningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) dan Kerjasama Antar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Media Kokami Di Kelas Iv Sd Negeri 2 Dukuhwaluh. Attadib: Journal of Elementary Education, 4(1), 23–35.
Maqbullah, S., Sumiati, T., & Muqodas, I. (2018). Penerapan model problem based learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran ipa di sekolah dasar. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 13(2).
Nurjanah, L., Handayani, S., & Gunawan, R. (2021). Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial Dalam Dunia Pendidikan. Chronologia. Https://Doi.Org/10.22236/Jhe.V3i2.7242.
Parasamya, Cut Eka dan Agus Wahyuni. 2017. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa Melalui https://jim.usk.ac.id/pendidikan-fisika/article/view/2145/1106.
Purba, Frikson Jony. 2018. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Demonstrasi” 6 (3): 83 - 91. https://doi.org/10.24114/inpafi.v6i3.11115.
Saputra, Hardika. 2021. Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). Jurnal Pendidikan Inovatif, 5 (3).
Sudasma, I. K. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips. Jurnal Santiaji Pendidikan (Jsp). Https://Doi.Org/10.36733/Jsp.V10i2.1076.
Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 Pada Pendidikan Di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, Dan Proses Pembelajaran. Salam: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I. Https://Doi.Org/10.15408/Sjsbs.V7i5.15314.
Tanjung, R. (2019) ‘Manajemen Pelayanan Prima Dalam Meningkatkan Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Pembelajaran (Studi Kasus di STIT Rakeyan Santang Karawang)’, Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3(1), pp. 234–242.
Tri Sukitman, “Konsep Pembelajaran Multiple Intelligence Dalam Pendidikan IPS Di Sekolah Dasar,” Jurnal Likhitaprajna 18, no. 1 (2016).
Widiastuti, E. R., & Kurniasih, M. D. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Software Cabri 3d V2 Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika. Https://Doi.Org/10.31004/Cendekia.V5i2.690.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Alfin Safitri, Hendra Erik Rudyanto, Sumarsih Sumarsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.