Persepsi Masyarakat dan Nilai-Nilai Dalam Tradisi Sepasaran Sapi di Desa Banyu Urip Ngawi

Aisyahtin Choirul Kholifah, Parji Parji, Budiyono Budiyono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi masyarakat dan nilai-nilai yang terkandung dalam tradisi sepasaran sapi. Persepsi masyarakat Desa Banyu Urip terhadap tradisi sepasaran sapi berbeda-beda, tergantung dengan kepercayaan dan keyakinan masyarakat akan tradisi sepasaran sapi tersebut. Metode yang digunakan penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Dengan menggunakan metode ini, peneliti lebih leluasa untuk menggali lebih dalam perihal tradisi sepasaran sapi tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sepasaran sapi dijalankan secara turun temurun sebagai ungkapan rasa Syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala berkah dan karunia yang dilimpahkan kepada masyarakat dengan berupa sapi. Dalam tradisi sepasaran sapi juga sarat akan nilai-nilai yang digunakan dalam kehidupan bermasyarakat seperti nilai kerukunan, gotong-royong, agamis, dan lain-lainnya.

Keywords


Persepsi; Tradisi; Sepasaran Sapi

Full Text:

PDF

References


Alaslan, A. (2021). Persepsi Masyarakat dan Kepemimpinan Perempuan. Jurnal Otonomi, 10(20), 1–15.

Iga, O. :, Mawarni, S., & Agustang, A. (2021). Studi penelitian di Daerah Kandeapi Tikala, Toraja Utara. Pinisi Journal Of Sociology Education Review, 1(2), 2021–2022.

Lilis, L. (2022). Tradisi-Tradisi Dalam Pembagian Harta Warisan Di Masyarakat Minangkabau. SIWAYANG Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Pariwisata, Kebudayaan, Dan Antropologi, 2(1), 7–14. https://doi.org/10.54443/siwayang.v2i1.453

Meigalia, E., & Putra, Y. S. (2019). Sastra Lisan Dalam Perkembangan Teknologi Media: Studi Terhadap Tradisi Salawat Dulang Di Minangkabau. Jurnal Pustaka Budaya, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.31849/pb.v6i1.2275

Rohimah, I. S., Hufad, A., & Wilodati, W. (2019). Analisa penyebab hilangnya tradisi Rarangkén (Studi Fenomenologi pada Masyarakat Kampung Cikantrieun Desa Wangunjaya). Indonesian Journal of Sociology, Education, and Development, 1(1), 17–26. https://doi.org/10.52483/ijsed.v1i1.2

Rusandi, & Muhammad Rusli. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48–60. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18

Setiawan, F., & Handayaningrum, W. (2020). Budaya Visual Dalam Tradisi Siklus Kehidupan Masyarakat Jawa Di Tulungagung. Ars: Jurnal Seni Rupa Dan Desain, 23(1), 1–12. https://doi.org/10.24821/ars.v23i1.3560

Soniatin, Y. (2021). Makna Dan Fungsi Budaya Tradisi Nyadran Dalam Kearifan Lokal Masyarakat Dusun Sawen, Desa Sendangrejo, Kecamatan Ngimbang, Kabupaten Lamongan. HUMANIS: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Humaniora, 13(2), 193–199. https://doi.org/10.52166/humanis.v13i2.2486

Wika Alzana, A., Harmawati, Y., & Pd, M. (2021). Pendidikan Pancasila sebagai pendidikan multikultural. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 9(1), 51–57. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/citizenship/article/view/2370


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Aisyahtin Choirul Kholifah, Parji Parji, Budiyono Budiyono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.