Peningkatan Konsentrasi Belajar Melalui Layanan Bimbingan Klasikal Menggunakan Media Mind Mapping Pada Peserta Didik Kelas VIII B SMP Negeri 13 Madiun

Adinda Ayu Nurdiana, Tyas Martika Anggriana, Heri Tursilowati

Abstract


Belajar merupakan sebuah proses yang kompleks yang berlangsung sepanjang kehidupan individu, di mana perkembangannya tercermin melalui perubahan perilaku yang bisa disebabkan oleh peningkatan pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Sebuah penelitian yang dilakukan di SMPN 13 Madiun menemukan bahwa 16 peserta didik kelas VIII B mengalami kesulitan dalam berkonsentrasi saat pembelajaran karena dipengaruhi oleh lingkungan dan merasa bahwa proses pembelajran di kelas terlalu monoton dan membosankan dengan media pembelajaran yang digunakan. Dalam konteks ini, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan meningkatkan tingkat konsentrasi belajar melalui Bimbingan Klasikal dengan menerapkan media mind mapping pada peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 13 Madiun. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK) dengan melibatkan 26 peserta didik sebagai subjek penelitian. Instrumen yang digunakan meliputi angket untuk mengukur tingkat konsentrasi belajar dan lembar observasi untuk memantau partisipasi peserta didik selama proses pembelajaran menggunakan media mind mapping. Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan media mind mapping mampu meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 13 Madiun secara signifikan. Dari hasil angket dan observasi, terlihat peningkatan yang cukup besar dalam tingkat konsentrasi belajar peserta didik dari pra-tindakan hingga siklus II. Pada awalnya, hanya 38,46% peserta didik yang mencapai skor konsentrasi belajar di atas <76, namun pada akhir siklus II, seluruh peserta didik mencapai tingkat konsentrasi belajar yang diinginkan yaitu 100%.


Keywords


Bimbingan Klasikal; Konsentrasi Belajar; Mind mapping

Full Text:

PDF

References


Amti, Prayitno Erman. (1997). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta : Depdikbud

Azizah, Sulis Nur. (2015). Peningkatan Konsentrasi dan Hasil Belajar IPA Melalui Mind Mapping Peserta didik Kelas V SDN Jomblangan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Edisi 5 Tahun Ke IV.

Durrotunnisa, dkk. (2022). Konseling kelompok Teknik Reinforcement Positif untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik Broken Home. Jurnal Basicedu, Vol.6 No. 1, h. 315-323

Hamalik, Oemar. (2005). Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Bumi Aksara.

Jalil, J. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Prestasi Pustaka

Juwanto, dkk. (2021). Peningkatan Konsentrasi Belajar Melalui Penguasaan Konten Menggunakan Tehnik Mind Mapping Pada Peserta didik di SMAN 9 Kota Bengkulu. Jurnal Psikodidaktika, Vol. 6. No, h. 273-282.

Kemmis, Stephen and MC Taggart, Robin (1988). The Action Research Planner, 3rd Edition. Geelong: Deakin University.

Magdalena, Maria. (2014). Pengaruh Mind Mapping dan Gaya BelajarTerhadap Pemahaman Konsep Peserta didik Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, Vol.1 No.2, h.126

Sanjaya, Wina. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Kencana

Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Surya, hendra. (2007). Kiat Mengajak Anak Belajar dan Berprestasi. Jakarta : Elex Media Komputindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Adinda Ayu Nurdiana, Tyas Martika Anggriana, Heri Tursilowati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.