Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri melalui Layanan Bimbingan Klasikal dengan Experiental Learning pada Siswa Kelas XI AKL SMKN 1 Paron
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan layanan bimbingan klasikal melalui experiential learning untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas XI AKL D SMKN 1 Paron. Penelitian ini dilakukan sebagai bagian dari penelitian tindakan bimbingan konseling (PTBK) yang diikuti oleh 32 siswa. Hasil studi kepercayaan diri mahasiswa pra siklus memperoleh rata-rata 8 dengan presentase 32% dalam kategori sangat kurang. Pada siklus I mendapat skor rata-rata 13 dengan presentase 52% dalam kategori Cukup. Pada siklus II mendapatkan skor rata-rata 20 dengan presentase 80% di kategori Baik. Ketika layanan bimbingan klasikal dilaksanakan dengan konseling experiential learning, mendapatkan hasil observasi terhadap peneliti yang dilakukan saat bimbingan klasikal berlangsung yang mendapatkan hasil skor 31 presentase 39% masuk kategori kurang. Sebaliknya, pada siklus II pertemuan III peneliti mendapatkan skor 70 presentase 88% kategori sangat baik. Secara ringkas hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kepercayaan diri siswa setelah pemberian layanan bimbingan klasikal melalui experiential learning bagi siswa kelas XI AKL D SMKN 1 Paron dapat diterima yang dibuktikan setelah adanya layanan bimbingan klasikal dengan Experiential learning meningkat 49% dari Siklus I ke Siklus II, sedangkan pada kepercayaan diri terjadi peningkatan sebesar 48% dari pra siklus ke siklus II.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Fatimah.2008. Psikologi perkembangan. Bandung : CV Pustaka Setia
Imam Muhammad. 2019. “Peningkatan Interaksi Sosial Teman Sebaya Siswa SMP Melalui Bimbingan Klasikal Dengan Metode Sosiodrama.” Jurnal Konseling Gusjigang 5(2):104-108.
Lauster,P. 2003. Tes Kepercayaan Diri, Bumi Aksara, Jakarta
Lestari, I., Santoso, S., Rahmawati, A.2022. "Penguatan Karakter Kepercayaan Diri Melalui Layanan Bimbingan Klasikal dengan Experiental Learning". Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 2022, 524-529.
Rochiati Wiriatmadja.2009. Metode Penelitian Tindakan Kelas, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Tanjung Zulfriadi., Amelia Sinta Huri 2017. “Menumbuhkan Kepercayaan Diri Siswa.” Jurnal Riset Tindakan Indonesia Volume, 2 (2):1-4
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Aticha Ardhianita Sari, Rischa Pramudia Trisnani, Slamet Suyono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.