PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE THINK PAIR SHARE PADA SISWA SMP NEGERI 3 KOTA PROBOLINGGO

Uswatun Hasanah, Nur Hidayati

Abstract


Melalui penggunaan teknik think pair share, penelitian ini berupaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada siswa SMP Negeri 3 Kota Probolinggo. Pemanfaatan pembelajaran think-pair-share dalam pembelajaran keberagaman suku, agama, ras, dan antar golongan dalam konteks Bhinneka Tunggal Ika dipaparkan dalam tulisan ini. Siklus I dan Siklus II penelitian dilakukan secara terpisah. Dengan memperhatikan rata-rata jumlah penilaian formatif dari siklus I (68,17%) dan II (79,23%) maka keberhasilan siswa dapat diukur pada setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran think-pair-share pada materi keberagaman suku, agama, dan ras dalam kerangka Bhinneka Tunggal Ika dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Negeri 3 Kota Probolinggo.


Keywords


Think Pair Share,Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2001. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta.

Djamarah. Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineksa Cipta.

KBBI. 1996. Edisi Kedua. Jakarta: Balai Pustaka.

Margono, S. 1996. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineksa Cipta.

Mukhlis, Abdul. (Ed). 2000. Penelitian Tindakan Kelas. Makalah Panitian Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah untuk Guru-guru se-Kabupaten Tuban.

Nasution : ( 2000:88 ), belajar adalah suatu aktivitas yang diperoleh melalui pengalaman ( learning by experience ).

Nur, Moh. 2001. Pemotivasian Siswa untuk Belajar. Surabaya. University Press. Universitas Negeri Surabaya.

Poerwodarminto. 1991. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Bina Ilmu.

Suryosubroto, B. 1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineksa Cipta.

Soedjadi et al. 2000. Pedoman Penulisan dan Ujian Skripsi. Surabaya; Unesa Universitas Press.

Soetomo. 1993. Dasar-dasar Interaksi Belajar Mengajar. Surabaya Usaha Nasional.

Sudjana, N dan Ibrahim. 1989. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Uswatun Hasanah, Nur Hidayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.