PENGARUH PENDEKATAN CPA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD

Rini Wulandari, Rissa Prima Kurniawati, Elly’s Mersina Mursidik

Abstract


Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk melihat pengaruh pendekatan CPA terhadap hasil belajar matematika kelas V SD. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, yang menggunakan strategi true experimental design, melalui  posttest-only control design, untuk pengujiannya menggunakan teknik simple random sampling. Subyek yang digunakan pada penelitian ini adalah  40 siswa kelas V SD di dua SD Kecamatan Ngadirojo. Hasil penelitian dengan uji-t menunjukkan  5,295 dan 2,021 menggunakan taraf signifikasi 0,05 atau 5% dapat diketahui bahwa  5,295 > 2,021. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa  ditolak dan   diterima, dari analisis data, peneliti dapat menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan CPA terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD.


Keywords


Pendekatan CPA, Hasil belajar matematika

References


Africa, M., Borboran, A. M., Guilleno, M.-A., Mendiola, M., Portento, K. M., Rodriguez, R., Torrefranca, J., Viernes, R. M., & Conde, R. (2020). A Lesson Study on Using the Concrete-Pictorial-Abstract (CPA). June, 1–8.

Amir, A. (2014). Pembelajaran Matematika Sd Dengan Menggunakan Media Manipulatif. Forum Paedagogik, 72–89.

Amir, A. (2016). Penggunaan Media Gambardalam Pembelajaran Matematika. 2, 34–40.

Anajjah, S. N., Iriawan2, S. B., & Mufliva3, R. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendekatan Concrete-Pictorial-Abstract Kelas Ii Sekolah Dasar. 3, 9–18.

Festiawan, R. (2020). Belajar dan pendekatan pembelajaran. Jurnal K, 1–17.

Hafiziani, E. P., Julianti, R., Adjie, N., & Suryani, N. E. (2017). Pengaruh Pendekatan Concrete-Pictorial-Abstract (CPA) Terhadap Pencapaian Kemampuan Spatial Sense (KSS) Siswa SD. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An.

Kamarullah. (2017). Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. 1(1), 21–32.

Muqodas, I., & Putri, E. (2020). The Relationship Of Self Efficacy With Student Mathematics Learning Outcomes Through The Concrete-Pictorial-Abstract (Cpa). 6(1).

Ningsih, S. K., Amaliyah, A., Rini, C. P., Tangerang, U. M., & Tangerang, K. (2022). Analisis kesulitan belajar matematika pada siswa kelas ii sekolah dasar. Jurnal Pembelajaran Dan Pengembangan Diri, 2, 44–48. https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.48

Novianingsih, H. (2016). Pendekatan pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan dalam pembelajaran matematika sekolah dasar. 1(1), 1–11.

Nurmahanani, I., Wiriyanti, K., & Mulyati, Y. (2022). The Effect of the Comic-Assisted Concrete Pictorial Abstract ( CPA ) Approach on the Fifth Graders ’ Ability to Read Statistics. 262–267.

Ramadhan, N. A. (2012). Penerapan Pendekatan Concrete Pictorial Abstract ( Cpa ) Bilangan Cacah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Anak Tunagrahita Ringan. 11, 115–124.

Sisca, A., Safitri, I., Harahap, S. K., & Munthe, L. S. (2021). Systematic Literature Review: Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Pada Pembelajaran Matematika. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 189–197.

Yuliyanto, A., Putri, H. E., & Rahayu, P. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sd Melalui Pendekatan Concrete-Pictorial-Abstract (Cpa). Metodik Didaktik, 14(2), 75–83. https://doi.org/10.17509/md.v14i2.13537


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rini Wulandari, Rissa Prima Kurniawati, Elly’s Mersina Mursidik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.