GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH SDN NGLANDUK 01 KEC. WUNGU KAB. MADIUN DARI PERSPEKTIF PANCASILA DI LINGKUNGAN SEKOLAH

Rega Alwa Pradana, Yoga Ardian Feriandi

Abstract


Kepemimpinan dalam pendidikan dapat diartikan sebagai kemampuan untuk menjalankan pelaksanaan pendidikan, hingga tujuan pendidikan yang telah direncanakan dapat tercapai secara efektif dan efisien. Contoh kepemimpinan dalam pendidikan dapat dilihat pada diri seorang Kepala Sekolah yang memimpin jalannya proses pembelajaran dan pengajaran di dalam sebuah instansi sekolah, dimana setiap individu Kepala Sekolah memiliki gaya kepemimpinan yang berbeda beda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gaya kepemimpinan kepala sekolah yang didasarkan pada perspektif pancasila di Sekolah Dasar Negeri Nglanduk 01 dan kebijakan apa saja yang diambil oleh Kepala Sekolah dalam bidang pembelajaran dan pengajaran berdasarkan perspektif pancasila di Sekolah Dasar Negeri Nglanduk 01. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif bedasarkan studi literatur, data yang diperoleh dari kegiatan penelitian ini adalah dengan melakukan observasi, dokumentasi dan wawancara untuk memperoleh data mengenai kepemimpinan Kepala Sekolah di Sekolah Dasar Negeri Nglanduk 01 yang sesuai dengan perspektif pancasila. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan Kepala Sekolah di Sekolah Dasar Negeri Nglanduk 01 sudah sesuai dengan perspektif pancasila dalam jalannya proses pembelajaran dan pengajaran. Karena hasil dari kontribusi kepemimpinan Kepala Sekolah yang berdasarkan perspektif pancasila untuk kemajuan Sekolah Dasar Negeri Nglanduk 01 baik bagi guru dan siswa antara lain: Kualitas diri, disiplin dan struktur organisasi sekolah.


Keywords


Kepemimpinan Pancasila, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Full Text:

PDF

References


Gunawan, I. (2016). MEREVITALISASI KEPEMIMPINAN PANCASILA DALAM BIDANG PENDIDIKAN. In Prosiding Seminar Nasional Penguatan Manajemen Pendidikan di Era Kompetisi Global, Jurusan Administrasi Pendidikan Universitas Negeri Malang, Malang, 2, 67–84.

Kariyadi, D., & Suprapto, W. (2017). MEMBANGUN KEPEMIMPINAN BERBASIS NILAI-NILAI PANCASILA DALAM PERSPEKTIF MASYARAKAT MULTIKULTURAL. Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 5(2), 86. https://doi.org/10.25273/citizenship.v5i2.1560

Nangga, K. (2014). IMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN PANCASILA OLEH KEPALA SEKOLAH DI SMP HANG TUAH MAKASSAR. (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR)., 70–87.

Sari, W. F., & Afriansyah, H. (2020). Kepemimpinan Pendidikan. Universitan Negeri Padang Indonesia, 1–4.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rega Alwa Pradana, Yoga Ardian Feriandi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.