Interaksi Sosial Siswa Dengan Teman Sebaya Kelas X-5 SMA Negeri 2 Nganjuk Tahun Pelajaran 2022/20023

Putri Noviyanti, Dahlia Novarianing Asri

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui interaksi sosial siswa dengan teman sebaya dan bagaimana tingkat interaksi sosial siswa dengan teman sebaya di kelas X-5 SMAN 2 Nganjuk tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Nganjuk pada bulan Mei 2023. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yaitu siswa kelas X-5, teknik pengambilan sampel yaitu dengan menggunakan teknik  purposive sampling. Sampel yang terpilih berdasarkan pertimbangan dari penelitian ini pengambilan sampel ini dengan tujuan agar tidak adanya pemilihan sampel pada subjek bedasarkan hal-hal diluar kebutuhan data dari penelitian teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini disesuaikan dengan karakteristik dan jenis data yang diperlukan yaitu observasi, pengamatan dan teknik analisis data dilakukan pada saat atau selama berlangsungnya pengumpulan data dan setelah pengumpulan data. Penelitian ini dilakukan dengan observasi dan pengamatan, hasil penelitian yang telah dilakukan mendapatkan hasil bahwa interaksi sosial siswa kelas X-5 dengan teman sebayanya di dalam kelas berjalan lancar, baik dan normal hal ini ditandai dengan siswa yang saling bekerjasama meyelesaikan persoalan ketika mendapatkan tugas kelompok dari guru, siswa menjalin komunikasi dengan teman sebayanya ketika didalam kelas dengan baik dan tidak terdapat siswa yang saling membully dan berkelahi.


Keywords


Interaksi Sosia, Siswa

Full Text:

PDF

References


Arikunto S. 2013. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta : PT. Rineka Cipta

Gerungan W.A. (2010). Psikologi Sosial. Bandung: PT Refika Aditama

Miles, M.B., Huberman, A.M., dan Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis : A Methods Sourcebook. Edisi ketiga. California. SAGE Publications

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasioanal. Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (Online), tersedia: http://www.jdih.bpk.go.id., diunduh 13 Mei 2023.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Putri Noviyanti, Dahlia Novarianing Asri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.