Penggunaan Media Boneka Tangan Dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas II SDN Ngepeh
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2012). Prosedur Penilaian, Suatu Pendekatan praktek. Rineka Cipta.
Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. PT Rajagrafindo Persada.
Dahlia, L., Thamrin, M., & Ali, M. (2013). Kemampuan Berbicara Menggunakan
Bahasa Indonesia Anak Usia 5-6 Tahun Tk Keranjik. Jurnal Pendidikan Dan
Pembelajaran Untan, 2(9), 1–18.
Daryanto. (2010). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai
Tujuain Pembelajaran. Gava Media.
Depdiknas, D. P. N. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. In Depdiknas
Jakarta.
Dewi Ramadhani dan Nurheni D.Simatupang. (2014). Pengaruh Metode Bercerita
Dengan Media Boneka Tangan Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini
Di TK Al Ikhlas Surabaya. Universitas Negeri Surabaya.
Elvis Arya Mukti. (2017). Pengaruh Penerapan Metode Bercerita Melalui Media
Boneka Tangan Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Pada Kelompok TK A di
Baby Smile School Sidosermo Surabaya. Universitas Negeri Surabaya.
Fadhlurrahma, F. (2019). Keterampilan Berbahasa: Menyimak Berita. In Universitas
Sebelas Maret Surakarta (p. 04).
Hakim, M., Aisyah, & Syafri, V. (2017). Pengembangan Materi Bahan Ajar Audio
Visual : Penggunaan Media Animasi Berdasarkan Konteks Islam Sebagai Bahan
Ajar Dalam Meningkatkan Kemampuan menyimak Inggris Bagi Siswa Raudhatul
... (Issue January).
Hong, T. B. (2008). Sastra Indonesia. Erlangga.
Jeanne Ellisa Ormord. (2009). Psikologi Pendidikan. Erlangga.
Kasihani Kasbolah. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.
Kemmis, S. & Mc. Taggart, R. (1988). The Action Research Planner. Deakin University
Press.
Kristanto, P. (2012). Boneka Mania. Footprints Publishing.
Langi, A., Tahir, M., & Idris. (2013). Peningkatan Kemampuan Membaca Dan Menulis
Dengan Menggunakan Kartu Huruf di Kelas I SDN 2 Wombo. Jurnal Kreatif
Tadulako, 4(8), 88–102.
Lilis Madyawati. (2018). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. PT
Kharisma Putra Utama.
Muhaimin. (2012). Paradigma Pendidikan Islam Upaya Mengefektifkan Pendidikan
Agama Islam di Sekolah. Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2014). Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan
SENASSDRA 79
Menyenangkan. Remaja Rosda Karya.
Mursidi. (2016). Pengembangan Pembelajaran PAUD. PT Remaja Rosdakarya.
Narbiana. (2018). Metode Pengembangan Bahasa. CV Beringin Indah.
Ni Komang Juliandri. (2015). Penerapan Metode Bercerita Dengan Media Boneka
Tangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Pada Anak.
Nur Farida Anggraini. (2016). Peningkatan Keterampilan Bercerita
MenggunakanMedia Boneka Tangan Pada Siswa Kelas Iii Sd Negeri Kasongan
Bantu. Universitas Negeri Yogyakarta.
Nurbiana dhieni. (2013). metode pengembangan bahasa. Universitas Terbuka.
Permendikbud. (2014). SALINAN LAMPIRAN PERATURAN MENTERI
PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 103
TAHUN 2014 TENTANG PEMBELAJARAN PADA PENDIDIKAN DASAR
DAN PENDIDIKAN MENENGAH. In PEDOMAN PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (p. 103).
Purwanto, E. (2009). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Remadja Karya.
Rosdia, R. (Rosdia). (2014). Peningkatan Kemampuan Menyimak Melalui Metode
Mendongeng Siswa Kelas VI SDN Sese. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(8),
–267. https://www.neliti.com/publications/110271/
Rostina Sundayana. (2016). Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajarn Matematika.
Alfabeta.
Santrock J W. (2013). Adolescence (perkembangan remaja) (6th ed.). Erlangga.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. PEDAGOGIA.
Syafira, J. (2014). TK Qoshrul Ubudiyah Surabaya. 1–4.
William, L. (1997). Principles of Linguistic Change. Heinemann Education.
Winariani Hesti. (2015). Pengembangan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun
Melalui Kegiatan Bercerita Menggunakan Boneka Tangan Di TK Dharma Wanita
Tanjung Sari Ampenan Tahun ajaran 2014/2015. Universitas Mataram.
Zahro, M. F., Fiorentisa, I. F., & Fatini, A. (2020). Pengembangan Bahasa Anak Usia
Dini Melalui Metode Bercerita dengan Boneka Tangan. PRESCHOOL: Jurnal
Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 14–21. https://doi.org/10.35719/preschool.v1i1.2
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Liestin Sesarpebriana, Endang Sri Maruti, Melik Budiarti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.