Penggunaan Media Boneka Tangan Dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas II SDN Ngepeh

Liestin Sesarpebriana, Endang Sri Maruti, Melik Budiarti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) perencanaan penerapan media boneka tangan dalam keterampilan menyimak (2) pelaksanaan penerapan media boneka tangan dalam pembelajaran tematik); dan (3) hasil pembelajaran setelah penerapan media boneka tangan dalam pembelajaran tematik. Data dikumpulkan dengan observasi dan tes, selanjutnya dianalisis berdasarkan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menyimak siswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Media pembelajaran yang digunakan adalah media boneka tangan. Guru kelas sangat berperan dalam peningkatan keterampilan menyimak pada penggunan media boneka tangan.

Keywords


media boneka tangan; keterampilan menyimak; pembelajaran tematik

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2012). Prosedur Penilaian, Suatu Pendekatan praktek. Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. PT Rajagrafindo Persada.

Dahlia, L., Thamrin, M., & Ali, M. (2013). Kemampuan Berbicara Menggunakan

Bahasa Indonesia Anak Usia 5-6 Tahun Tk Keranjik. Jurnal Pendidikan Dan

Pembelajaran Untan, 2(9), 1–18.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai

Tujuain Pembelajaran. Gava Media.

Depdiknas, D. P. N. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. In Depdiknas

Jakarta.

Dewi Ramadhani dan Nurheni D.Simatupang. (2014). Pengaruh Metode Bercerita

Dengan Media Boneka Tangan Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini

Di TK Al Ikhlas Surabaya. Universitas Negeri Surabaya.

Elvis Arya Mukti. (2017). Pengaruh Penerapan Metode Bercerita Melalui Media

Boneka Tangan Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Pada Kelompok TK A di

Baby Smile School Sidosermo Surabaya. Universitas Negeri Surabaya.

Fadhlurrahma, F. (2019). Keterampilan Berbahasa: Menyimak Berita. In Universitas

Sebelas Maret Surakarta (p. 04).

Hakim, M., Aisyah, & Syafri, V. (2017). Pengembangan Materi Bahan Ajar Audio

Visual : Penggunaan Media Animasi Berdasarkan Konteks Islam Sebagai Bahan

Ajar Dalam Meningkatkan Kemampuan menyimak Inggris Bagi Siswa Raudhatul

... (Issue January).

Hong, T. B. (2008). Sastra Indonesia. Erlangga.

Jeanne Ellisa Ormord. (2009). Psikologi Pendidikan. Erlangga.

Kasihani Kasbolah. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.

Kemmis, S. & Mc. Taggart, R. (1988). The Action Research Planner. Deakin University

Press.

Kristanto, P. (2012). Boneka Mania. Footprints Publishing.

Langi, A., Tahir, M., & Idris. (2013). Peningkatan Kemampuan Membaca Dan Menulis

Dengan Menggunakan Kartu Huruf di Kelas I SDN 2 Wombo. Jurnal Kreatif

Tadulako, 4(8), 88–102.

Lilis Madyawati. (2018). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. PT

Kharisma Putra Utama.

Muhaimin. (2012). Paradigma Pendidikan Islam Upaya Mengefektifkan Pendidikan

Agama Islam di Sekolah. Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2014). Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan

SENASSDRA 79

Menyenangkan. Remaja Rosda Karya.

Mursidi. (2016). Pengembangan Pembelajaran PAUD. PT Remaja Rosdakarya.

Narbiana. (2018). Metode Pengembangan Bahasa. CV Beringin Indah.

Ni Komang Juliandri. (2015). Penerapan Metode Bercerita Dengan Media Boneka

Tangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Pada Anak.

Nur Farida Anggraini. (2016). Peningkatan Keterampilan Bercerita

MenggunakanMedia Boneka Tangan Pada Siswa Kelas Iii Sd Negeri Kasongan

Bantu. Universitas Negeri Yogyakarta.

Nurbiana dhieni. (2013). metode pengembangan bahasa. Universitas Terbuka.

Permendikbud. (2014). SALINAN LAMPIRAN PERATURAN MENTERI

PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 103

TAHUN 2014 TENTANG PEMBELAJARAN PADA PENDIDIKAN DASAR

DAN PENDIDIKAN MENENGAH. In PEDOMAN PELAKSANAAN

PEMBELAJARAN (p. 103).

Purwanto, E. (2009). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Remadja Karya.

Rosdia, R. (Rosdia). (2014). Peningkatan Kemampuan Menyimak Melalui Metode

Mendongeng Siswa Kelas VI SDN Sese. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(8),

–267. https://www.neliti.com/publications/110271/

Rostina Sundayana. (2016). Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajarn Matematika.

Alfabeta.

Santrock J W. (2013). Adolescence (perkembangan remaja) (6th ed.). Erlangga.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. PEDAGOGIA.

Syafira, J. (2014). TK Qoshrul Ubudiyah Surabaya. 1–4.

William, L. (1997). Principles of Linguistic Change. Heinemann Education.

Winariani Hesti. (2015). Pengembangan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun

Melalui Kegiatan Bercerita Menggunakan Boneka Tangan Di TK Dharma Wanita

Tanjung Sari Ampenan Tahun ajaran 2014/2015. Universitas Mataram.

Zahro, M. F., Fiorentisa, I. F., & Fatini, A. (2020). Pengembangan Bahasa Anak Usia

Dini Melalui Metode Bercerita dengan Boneka Tangan. PRESCHOOL: Jurnal

Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 14–21. https://doi.org/10.35719/preschool.v1i1.2


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Liestin Sesarpebriana, Endang Sri Maruti, Melik Budiarti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.