Peningkatan keterampilan menulis puisi menggunakan metode sugesti imajinasi dengan media video klip lagu kelas X RPL 2 SMK Negeri Takeran tahun pelajaran 2022/2023

Dinda Mayang Saputri, Vivi Rulviana, Agung Cahyono

Abstract


Latar belakang pelaksanaan penelitian ini adalah karena minimnya kemampuan peserta didik dalam menulis teks puisi khususnya di kelas X RPL 2 SMK Negeri Takeran. Tujuan dari penelitian ini adalah menggambarkan bagaimana metode sugesti imajinasi dengan media video klip lagu mampu membantu peserta didik meningkatkan kemampuan menulis puisi mereka. Desain penelitian ini adalah PTK dengan kegiatan pra siklus, kegiatan siklus I dan kegiatan siklus II. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pendekatan penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 32 peserta didik kelas X RPL 2 SMK Negeri Takeran. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa laporan hasil belajar mendemonstrasikan kemampuan menulis puisi peserta didik yang diperoleh selama kegiatan pra siklus dan dua siklus pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan dan motivasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran meningkat dari pra siklus, siklus I, dan siklus II. Nilai rata-rata pra siklus sebesar 76,5. Pada kegiatan siklus I rata-rata nilai meningkat menjadi 80,5. Dari kegiatan siklus I ke kegiatan siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 86,5. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode sugesti imajinasi dengan media video klip berpengaruh positif bagi peserta didik

Keywords


menulis puisi, sugesti imajinasi, video klip lagu.

Full Text:

PDF

References


Armariena, D. N. (2018). Penulisan Puisi Bertema Lokal Budaya Dengan Model Sugesti Imajinasi Mahasiswa. Parataksis: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 1(1). https://doi.org/10.31851/parataksis.v1i1.2248

Fernanda, A., & Sukardi, E. (2022). Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi melalui Metode Sugesti Imajinasi pada Siswa Kelas IV. Jurnal Basicedu, 6(4), 7657–7663. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3614

Kusumarini, R. (2013). Kemahiran Menulis Cerita Pendek Dengan Mode Sugesti Imajinasi Media Lagu Dan Video Klip Peserta Didik Berintelegensi Musik Tinggi Dan Berintelegensi Musik Rendah Sma 1 Mejobo. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), Universitas Negeri Semarang : Semarang.

Mukhidin. (2018). mukhidin. Energies, 6(1), 1–8. http://journals.sagepub.com/doi/10.1177/1120700020921110%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.reuma.2018.06.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.arth.2018.03.044%0Ahttps://reader.elsevier.com/reader/sd/pii/S1063458420300078?token=C039B8B13922A2079230DC9AF11A333E295FCD8

Octaningtyas, V. A. (2017). Representasi Maskulinitas Boyband Dalam Video Klip. Kemadha, 6(2), 57–68.

Pebriana, P. H. (2018). Pembelajaran Menulis Puisi Bebas Dengan Menggunakan Metode Sugesti Imajinatif Pada Kelas V Sdn 001 Salo. Jurnal Basicedu, 1(2), 52–58. https://doi.org/10.31004/basicedu.v1i2.6

Teguh Harianto, B., & Soedarto Harjono, H. (2018). Pengaruh Metode Sugesti Imajinasi dan Kreativitas terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas IX SMP. DIKBASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 19. https://online-journal.unja.ac.id/index.php/dikbastra


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dinda Mayang Saputri, Vivi Rulviana, Agung Cahyono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.