EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOCRATES UNTUK MENINGKATKAN SELF AWARENESS SISWA

Kharisma Nur Septiani, Dahlia Novarianing Asri, Asroful Kadafi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas  konseling kelompok teknik Socrates untuk meningkatkan self awareness siswa. Penelitian dilakukan di SMK Gamaliel 1 Madiun. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen. Penelitian ini menggunakan desain one grup pre-test dan post-test. Penelitian ini menggunakan populasi yaitu siswa kelas XI SMK Gamaliel 1 Madiun. Sampel penelitian ini yaitu 6 siswa dari kelas XI SMK Gamaliel 1 Madiun. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu  menggunakan skala psikologi berupa skala self awareness. Peneliti menggunakan metode analisis statistik nonparametris dengan uji wilcoxon, untuk menganalisis hasil eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sign (2 tailed) adalah 0,026 dimana 0,026 < 0,05, yang berarti 0,026 kurang dari 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok dengan menggunakan teknik Socrates efektif untuk meningkatkan self awareness siswa.


Keywords


Self Awareness, Konseling Kelompok, Teknik Socrates

Full Text:

PDF

References


Diananda, A. (2019). Psikologi Remaja Dan Permasalahannya. Journal ISTIGHNA, 1(1), 116–133. https://doi.org/10.33853/istighna.v1i1.20

Goleman, D. (1996). Emotional Intelligence Why it Can Matter More Than IQ. Batam Books.

Hartanti, Jahju, Wahyudiansyah, M. Nafis. (2022). Dialog Socrates Dalam Layanan Bimbingan Dan Konseling.le.

Iqrammah, E. (2015). Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Menggunakan Metode Socrates Pada Standart Kompetemsi Menggambar Konstruksi Atap Di SMK Negeri 3 Jombang. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 1(1), 70–76.

Jabbar, Afan Abdul., Purwanto, D., Fitriyani, N., Marjo, H. K., & Hanim, W. (2015). Konseling Kelompok Menggunakan Pendekatan Cognitive Behavior Theraphy (Cbt) Untuk Meningkatkan Kematangan Karir. Journal Selaras: Kajian Bimbingan Dan Konseling Serta Psikologi Pendidikan, 2(1), 35–46.

Laila, Nisfhi, Muswandi, S., Mayasari, S. (2019). Penggunaan Konseling Gestalt untuk Meningkatkan Self Awareness Siswa The Use of Gestalt Counseling to Improve Students Self Awareness. 1.

Lumongga, N. (2017). Konseling Kelompok. Jakarta: Kencana.

N. Hidayah & A. Atmoko. 2014. Landasan Sosial Budaya dan Psikologis Pendidikan. Malang: Gunung Samudra

Pangestuti, Dhewi Setyo, Latifah, N. (2019). Pengaruh Metode Socriates Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa kelas V. 3(1), 85–94.

Solso, R. dkk. (2007). Psikologi Kognitif. Jakarta: Erlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Kharisma Nur Septiani, Dahlia Novarianing Asri, Asroful Kadafi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.