Pengaruh Model Pembelajaran Take And Give Terhadap Kemampuan HOTS Siswa SD

Intan Nur Sulistyo Rini, Rissa Prima Kurniawati, Elly’s Mersina Mursidik

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan HOTS siswa SD dipengaruhi oleh model pembelajaran Take and Give. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode True Eksperimental Design dengan Posttest-Only Control Design. Sempel pada studi ini ialah siswa kelas V A SDN 01 Manisrejo sebanyak 26 siswa (kelas eksperimen) dan kelas V B sebanyak 25 siswa (kelas kontrol). Tes dan dokumentasi digunakan sebagai instrumen penelitian. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, dan uji daya beda. Sesuai dengan hasil analisis data didapatkan hasil posttest kelas eksperimen rata-rata 46,54 dan kelas kontrol rata-rata 34,8. Kemudian dilakukan uji hipotesis memakai uji T. Hasil studi ini diperoleh Thitunug (3,16) > Ttabel (2,0) taraf signifikansi 0,5. Kesimpulan penelitian adalah model Take And Give berpengaruh terhadap kemampuan HOTS Siswa SD.


Full Text:

PDF

References


Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak. (235): 245. http://digilib.unila.ac.id/4949/15/BAB II.pdf.

Aspini, N. N. A. (2020). Implementasi Pembelajaran PBL Berbantuan Media Kartu Soal Untuk Meningkatkan Kemampuan HOTS Pada Siswa Kelas VI SD. 8: 72–79.

Hidayatullah, M. S., Sulianto, J. & Azizah, M. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. 2(2): 93–102.

Kurniasih, I. (2015). Model Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena

Liyani, M. A., Dahlan & Gustiawati, S. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Dengan Model Pembelajaran Take And Give Pada Siswa Kelas IV MI Nurul Huda 1 Curug. 4.

Nugraha, M.F., Hendrawan, B., Pratiwi, A.S., Permana, R., Saleh, Y.T., Nurfitri, M., & Husen, W.R. (2020). Pengantar Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Edu Publisher

Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 4(2): 257.

Siregar, N. S. S. (2013). Persepsi Orang Tua Terhadap Pentingnya Pendidikan bagi Anak. Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik UMA 1(1): 11-27

Ovalisda et al. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Kelas Iv Sdn 11 Banda Aceh Pada Materi Gaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Intan Nur Sulistyo Rini, Rissa Prima Kurniawati, Elly’s Mersina Mursidik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.