Tingkat Efikasi Diri Akademik Siswa SMK dalam Menghadapi Penilaian Akhir Semester

Dhea Retno Anggraini, Dahlia Novarianing Asri, Ratih Christiana

Abstract


Keyakinan bahwa siswa dapat merencanakan dan mengambil tindakan untuk menyelesaikan tugas akademik dikenal sebagai efikasi diri akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efikasi diri akademik siswa SMK dan perannya untuk mencapai keberhasilan tugas akademik utamanya dalam menghadapi Penilaian Akhir Semester. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Tujuan dari teknik analisis data kuantitatif atau statistik adalah untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMKN 5 Madiun yang berjumlah 417 orang, Sampel ditentukan menggunakan metode purposive sampling sehingga didapati 6 sampel dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala efikasi diri akademik dengan model skala likert. Hasil dari temuan data didapati bahwa efikasi diri akademik 6 siswa kelas X SMKN 5 Madiun berada pada kategori rendah 83,34% dan sebagian kecil efikasi diri akademik berada pada kategori sedang 16,67%.

Keywords


Efikasi Diri Akademik, Penilaian Akhir Semester

Full Text:

PDF

References


Anggara, F., Muri, A., & Marjohan, Y. &. (2016). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Modeling dalam Meningkatkan Efikasi Diri Siswa dalam Menghadapi Ujian. 5(1). http://ejournal.unp.ac.id/index.php/konselor

Anggraini, O. D., Wahyuni, E. N., & Soejanto, L. T. (2017). Hubungan antara Efikasi Diri dengan Resiliensi Menghadapi Ujian pada Siswa Kelas XII SMAN 1 Trawas. Jurnal Konseling Indonesia, 2(2), 50–56. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JKI

Asri, D. &, & Dewi, N. . (2014). Akademik Mahasiswa Program Studi Bimbingan Dan Konseling Ikip Pgri Madiun Ditinjau Dari Efikasi Diri, Fear of Failure, Gaya Pengasuhan Orang Tua, Dan Iklim Akademik. Jurnal LPPM, 2(2), 32–37.

Cahyadi, W. (2022). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Keberhasilan (B. Nasution (ed.)). PT Inovasi Pratama Internasional. www.ipinternasional.com

Christiana, R., & Krisphianti, Y. D. (2020). Analisis Rasch pada Skala Efikasi Diri Akademik Praktikum Konseling. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(1), 111. https://doi.org/10.33394/jk.v6i1.2455

Ferdyansyah, A., Rohaeti, E. E., & Suherman, M. M. (2020). Gambaran Self Efficacy Siswa Terhadap Pembelajaran. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 3(1), 16. https://doi.org/10.22460/fokus.v3i1.4214

Hasanudin. (2022). Penilaian Akhir Semester (PAS). Kompasiana.Com. https://www.kompasiana.com/hasanudin39396/638e944bd287dd54a23de352/penilaian-akhir-semester-pas

Kristiyani, T. (2020). Self-Regulated Learning Konsep, Implikasi, dan Tantangan bagi Siswa di Indonesia (Y. Yapi (ed.)). Sanata Dharma University Press.

Permendikbudristek Nomor 21 Tahun 2022 tentang Standar Penilaian Pendidikan pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah

Satria, F. (2013). Pengaruh Kecerdasan Emosi Terhadap Kecemasan Menghadapi Ulangan Akhir Semester Pada Siswa Kelas X Smk Negeri 3 Yogyakarta the Influence of Emotional Intelligence Toward the Anxiety While Facing Final Examination of Tenth Grade Students of Vocational High. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 66, 503–514.

Sharma, L. H., & Nasa, G. (2014). Academic Self-Efficacy: A Reliable Pedictor Of Educational Performances. 2(3), 57–64.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan RnD (Sutopo (ed.); 2nd ed.). CV. Alfabeta.

Wahyuni, S. F., & Dahlia. (2020). Hubungan Antara Efikasi Diri Akademik Dengan Prestasi Akademik Pada Siswa Sma Di Banda Aceh. Seurune : Jurnal Psikologi Unsyiah, 3(2), 80–100. https://doi.org/10.24815/s-jpu.v3i2.17612

Warda, F. S., Noorlaila, F., & Sulistiana, D. (2020). Profil Efikasi Diri Akademik Siswa SMK serta Implikasi terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling. 7(2), 34–48.

Wicaksono, L. (2015). Keefektifan Pemodelan Terhadap Peningkatan Efikasi-Diri Akademik Siswa SMP (Kajian Teoritik Aplikasi Teori Bandura). www.luhurwicaksono@yahoo.comNo.Hp.085252585878

Wulandari, D., Valentine, F., Melinda, M., & Regilsa, M. (2022). Pengaruh Self-Efficacy dalam Budaya pada Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 9875–9879.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dhea Retno Anggraini, Dahlia Novarianing Asri, Ratih Christiana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.