Peningkatan hasil belajar matematika dengan model pembelajaran teams games tournament (TGT) berbantu kuis interaktif pada siswa kelas IV SDN 2 Ganungkidul

Devy Kumalasari, Sri Lestari, Sunarsi Sunarsi

Abstract


Tujuan pengkajian penelitian ini dilaksanakan dengan maksud untuk melihat perubahan tingkat hasil belajar siswa pada penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantu kuis interaktif pada pembelajaran matematika. Siswa kelas IV SDN 2 Ganungkidul Nganjuk merupakan sasaran di penelitian ini. Penelitian dilaksanakan menggunakan pendekatan kualitatif. dan kuantitatif. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah jenis penelitian ini. Pembelajaran di tahap pengkajian dilaksanakan selama dua siklus. Data dikumpulkan menggunakan observasi, tes evaluasi (asesmen), dan dokumentasi. Hasil penelitian pada siklus 1 , rata rata jumlah siswa yang nilainya diatas KKM ada 65% sedangkan pada siklus 2 jumlah siswa yang nilainya diatas KKM naik menjadi 92%. Temuan ini menunjukkan keberhasilan dengan memanfaatkan paradigma pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantu Kuis Interaktif sebagai media pendukung. Keberhasilan  dalam peningkatan kemampuan siswa dapat ditunjukkan pada hasil temuan ini. Siswa kelas IV menyukai strategi pengajaran ini dan media yang terkait karena mereka dapat belajar sambil bersenang-senang.

Keywords


Teams Games Tournament, Hasil belajar, Matematika

Full Text:

PDF

References


Deki Syaputra ZE, R. A. D. (2022). Pengembangan Media Kuis Interaktif Berbasis Powerpoint Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas Xi Sma Negeri 7 Tanjung Jabung Timur Ta. 2021/2022. Istoria: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sejarah Universitas Batanghari, 5(2), 60. https://doi.org/10.33087/istoria.v5i2.124

Hartawan, I. N. B. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Interaktif Berbasis Power Point Untuk Guru Sma Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 110. https://doi.org/10.26740/ja.v6n2.p110-116

Ilmi, N., Pasinggi, Y. S., Amran, M., & Ilmi, I. N. (2023). JIKAP PGSD : Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams games Tournament ( TGT ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV. 124–129.

Kamarullah, K. (2017). Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21. https://doi.org/10.22373/jppm.v1i1.1729

Manab, A. (2015). ⎛9 4 (2. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/10156/1/Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif.pdf

Mucholladum, M. W. (2022). Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Siswa Kelas V. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(2), 134–142. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i2.48

Purwantini, J. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Tipe TGT Berbantuan Media Question Box Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Jurnal Ilmiah, 1(1), 1–10.

Resti Nur Lailia Qodriani, Asrori, & Rusman. (2022). Implementasi Metode Pembelajaran Kuis Interaktif Berbasis Mentimeter pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 326–339. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).9689

Rosyana, W.,Mulyani,S.,&Saputro,S.(2014).Pembelajaran Model TGT (Teams Games Tournament) Menggunakan Media Permainan Monopoli Dan Permainan Ular Tangga Pada Materi Pokok Sistem Koloid Ditinjau Dari Kemampuan Memori Kelas XI SMA Negeri 1 Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013.Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret,3(2),74–81.https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JP2/article/view/19338

Solihah, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(1), 45–53. https://doi.org/10.30998/sap.v1i1.1010

Susilowati, D. (2018). Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran. Edunomika, 02(01), 36–46.

Wulandari, L. (2022). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Siswa Kelas VI Semester I. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 131–138. https://doi.org/10.26740/eds.v4n2.p131-138


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Devy Kumalasari, Sri Lestari, Sunarsi Sunarsi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.