UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA MATERI BANGUNAN RUANG
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan kognitif siswa kelas V SDN Jiwan 02 Kabupaten Madiun tahun pelajaran 2022/2023 pada pelajaran Matematika materi bangunan ruang. Pada data penelitian pertama dari 16 siswa, hanya 2 siswa yang mencapai kesempurnaan KKM. Sedangkan 14 siswa tidak mencapai kesempurnaan KKM yang ditetapkan sekolah yaitu KKM=70. Hal ini menunjukkan kemampuan kognitif siswa kelas V SD Negeri Jiwan 02, Kabupaten Madiun masih rendah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas V SDN Jiwan 02 Kabupaten Madiun melalui pembelajaran berbasis proyek dengan menggunakan materi bangunan ruang. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang memanfaatkan jalur siklus Kurt Lewin yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah teknik tes. Berdasarkan penelitian, kemampuan kognitif siswa meningkat menjadi 56% pada Siklus I dan 88% pada Siklus II. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis proyek meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas V SDN Jiwan 02.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdillah, L. A. (2021). Pengertian Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian Tindakan Kelas: Teori Dan Penerapannya, 1–12.
Dr. Gidion, M. T. (2015). Metodologi Penelitian: Metodologi penelitian Skripsi. Rake Sarasin, 3(April), 36.
Hikmaningsih, D. A., Aminah, N. S., & Surantoro. (2015). Tinggi Pada Materi Suhu Dan Kalor Menggunakan Project Based Learning Di Kelas X Mia Sma Negeri 2 Surakarta. Prosiding Seminar Nasional Fisika Dan Pendidikan Fisika (SNFPF), 6(September), 324–328.
Hikmawati, A. N., Huriah, T., & Khoiriyati, A. (2018). PENGARUH PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF, AFEKTIF DAN PSIKOMOTOR MAHASISWA. Jurnal Kesehatan “Samodra Ilmu,” 9(1), 62.
Insyasiska, D., Zubaidah, S., Susilo, H., Biologi, P., & Malang, U. N. (n.d.). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar , Kreativitas , Kemampuan Berpikir Kritis , Dan.
Priandoko, H. W. (2017). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Menumbuhkan Sikap Cermat dan Mandiri Serta Meningkatkan Nilai Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 1, 87–119.
Purnomo, H., & Ilyas, Y. (2019). Tutorial Pembelajaran.
Rati, N. W., Kusmaryatni, N., & Rediani, N. (2017). Model pembelajaran berbasis proyek, kreativitas dan hasil belajar mahasiswa [Project-based learning model, creativity and student learning outcomes]. JPI : Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1), 60–71. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPI/index
Sapring, S. (2018). Penelitian Tindakan Kelas.
Setyaningsih, R. (2017). Perpustakaan Nasional : Katalog Dalam Terbitan ii Matematika untuk SD / MI Kelas V.
Siswandari, S. (2013). Pembelajaran Peserta Didik. Jurnaldikbud.Kemdikbud.Go.Id, 19(4), 1–56.
Sucipta, N. Pe., Candiasa, I. ., & Sukajaya, I. . (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas Viii Smp Pgri 2 Denpasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 7(2), 131–141.
Sumarni, W., Wijayati, N., & Supanti, S. (2019). Kemampuan Kognitif Dan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Berpendekatan Stem. J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia), 4(1), 18–30. https://doi.org/10.17977/um026v4i12019p018
Syaifudin. (2020). Model Pembelajaran Project Bades Learning. Ekp, 13(3), 1576–1580.
Yusuf, F. M. (2015). Peningkatan Kemampuan Kognitif Siswa SMA Negeri 2 Gorontalo Pada Mata Pelajaran Biologi Melalui Metode Pembelajaran Berbasis Proyek. Jurnal Biology Education, 4(1), 174–206.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Deni Hariyani, Octarina Hidayatus Sholikhah, Suharti Suharti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.