PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TGT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD

Dela Afianti Safitri, Rissa Prima Kurniawati, Elly’s Mersina Mursidik

Abstract


Model pembelajaran TGT adalah  model pembelajaran yang pembelajarannya berbasis mainan antar  kelompok. Penyusunana artikel ini guna mengetahui pengaruh model pembelajaran TGT terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode true eksperimental design dengan posttest only control design. Subyek penelitian yaitu siswa  kelas IVB MIN 15 magetan (kelas kontrol) sebanyak 30 siswa dan  kelas IVC MIN 15 Magetan sebanyak 30 siswa (kelas eksperimen). Intrumen berupa tes unjuk kerja hasil belajar dan dokumentasi.  Hasil penelitian diujikan dengan  uji t, menunjukkan Thitung = 13,981 dan Ttabel = 2,0 dengan keterangann  Thitung > Ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TGT memiliki pengaruh pada hasil belajar siswa kelas IV SD.

Keywords


Model TGT, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Adnyana, M. E. (2020). Penerapan model pembelajaran TGT (teams games tournament) untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar biologi. Indonesian Journal of Educational Development, 1(2), 322–334. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/ijed/article/view/745%0Ahttps://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/ijed/article/download/745/701

Arifudin, O. (2022). Perkembangan Peserta Didik (Tinjauan Teori-Teori dan Praktis). In Widina Bhakti Persada.

Education, E., & Issn, J. (2021). Pentingnya Proses Evaluasi Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar Oleh : Miftha Huljannah PGMI FITK IAIN Sultan Amai Gorontalo ABSTRAK Keywords : Evaluation , Learning , Role Evaluation PENDAHULUAN Proses pembelajaran merupakan hal yang penting dalam dunia p. 2(2), 164–180.

Indah, A. (2020). PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI. June.

Ismah, Z., & Ernawati, T. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Viii Smp Ditinjau Dari Kerjasama Siswa. Jurnal Pijar Mipa, 13(1), 82–85. https://doi.org/10.29303/jpm.v13i1.576

Mawati, A. T., Hanafiah, & Arifudin, O. (2023). Dampak pergantian kurikulum pendidikan terhadap peserta didik sekolah dasar. Jurnal Primar Edu, 1(1), 69–82. https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/primary/article/view/316/89

Solihah, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(1), 45–53. https://doi.org/10.30998/sap.v1i1.1010

Suardin, S., & Andriani, W. O. L. (2021). Studi Komparatif Model Problem Solving Dengan Model Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 227–234. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.289

Tarigan, R. (2021). Perkembangan Matematika Dalam Filsafat Dan Aliran Formalisme Yang Terkandung Dalam Filsafat Matematika. Sepren, 2(2), 17–22. https://doi.org/10.36655/sepren.v2i2.508

Tiya, K. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament ( TGT ) dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMPN.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dela Afianti Safitri, Rissa Prima Kurniawati, Elly’s Mersina Mursidik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.