Layanan Bimbingan Klasikal Dengan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kematangan Karir Pada Peserta Didik Kelas XI-TE 2 SMK Negeri 1 Ngawi Tahun Pelajaran 2022/2023

Adin Wira Astanu, Rischa Pramudia Trisnani, Yudi Nugroho, Lamijan Lamijan

Abstract


Kematangan karir menjadi hal yang penting bagi siswa dalam mengambil keputusan yang tepat terkait dengan pilihan karir mereka di masa depan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan kematangan karir siswa dengan penerapan layanan bimbingan klasikal menggunakan metode mind mapping pada peserta didik kelas XI TE 2 di SMK Negeri 1 Ngawi, Tahun Pelajaran 2022/2023. Metode penelitian ini menggunakan  penelitian tindakan bimbingan dan konseling. Penelitian dilaksanakan melalui dua siklus yang melibatkan siswa XI TE 2 sebagai partisipan utama. Data dikumpulkan melalui observasi pada saat layanan klasikal dan didukung oleh hasil kuesioner yang dianalisis serta dokumentasi penelitian . Temuan studi menunjukkan bahwa pemanfaatan layanan bimbingan klasikal menggunakan pendekatan mind mapping mampu efektif meningkatkan kematangan karir peserta didik. Melalui metode ini, siswa dapat memvisualisasikan gagasan, membangun koneksi antar ide, dan memahami informasi dengan lebih baik. Mind mapping membantu siswa dalam mengorganisir dan merumuskan pilihan karir mereka, serta meningkatkan pemahaman mereka terhadap minat, bakat, dan nilai-nilai yang relevan dengan pilihan karir. Hal tersebut dibuktikan peningkatan pada setiap siklusnya yaitu pada siklus I dengan kategori sedang dan siklus II dengan kategori tinggi melalui layanan bimbingan klasikal menggunakan media ajar mind mapping.


Keywords


Kematangan Karir; Bimbingan Klasikal; Mind Mapping

Full Text:

PDF

References


Alimudin, I. A., Permana, T., & Sriyono, S. (2019). Studi Kesiapan Kerja Peserta Didik Smk Untuk Bekerja Di Industri Perbaikan Bodi Otomotif. Journal of Mechanical Engineering Education, 5(2), 191. https://doi.org/10.17509/jmee.v5i2.15187

Anggraeni, R., Handaka, I. B., & Siswanti, R. (2021). Upaya Meningkatkan Perencanaan Karir melalui Layanan Bimbingan Klasikal dengan Metode Mind Mapping pada Peserta Didik Kelas IX-B SMP Negeri 2 Kalipucang Tahun Ajaran 2021-2022. Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru FKIP UAD, 1(1), 1805–1814.

Anisah, L. (2016). Kompetensi profesional konselor dalam penyelenggaraan penelitian tindakan bimbingan dan konseling. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 2(1).

Kamil, B., & Daniati, D. (2017). Layanan Informasi Karir dalam Meningkatkan Kematangan Karir pada Peserta Didik Kelas X Di Sekolah Madrasah Aliyah Qudsiyah Kotabumi Lampung Utara Tahun Pelajaran 2016/2017. KONSELI : Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 3(2), 185–196. https://doi.org/10.24042/kons.v3i2.565

Mujayaroh. (2021). Model Bimbingan Kelompok Berbasis Budaya Kerja Industri Untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa. 17(2), 98–106.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif; kualitatif; dan R&D. Alfabeta.

Ulfah, I. F. (2018). Peningkatan Kematangan Karier Melalui Metode Mind Mapping Pada Siswa Kelas X Akuntansi 4 Smk N 1 Bantul. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan …, 71–79. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/fipbk/article/view/12706%0Ahttps://journal.student.uny.ac.id/index.php/fipbk/article/download/12706/12245

Wibana, A. (2022). Upaya Meningkatkan Pemahaman Menuju Proses Dunia Kerja Melalui Layanan Karir Metode Mind Mapping Pada Siswa Kelas XII-S2 SMA Batik Surakarta Semester 1 Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Syntax Admiration, 3(9), 1213-1230.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Adin Wira Astanu, Rischa Pramudia Trisnani, Yudi Nugroho, Lamijan Lamijan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.