Mereduksi Prokrastinasi Akademik Dan Meningkatkan Disiplin Belajar Melalui Layanan Konseling Kelompok Realitas Pada Siswa Kelas X TKR 1 SMK N Kare

FaliqDziy Nuha, Ibnu Mahmudi, Muhammad Jundan

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi tingginya prokrastinasi akademik pada kelas X TKR 1 SMK Negeri Kare. Hal ini berdasarkan hasil observasi dan need assement yang menunjukaan tingkat disiplin belajar rendah membuat menunda-nunda pekerjaan akademik.Untuk mengatasi masalah tersebut dilakuakn penelitian tindakan bimbingan dan konseling melalui Konseling kelompok realitas. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas layanan konseling kelompok realitas dalam mereduksi prokrastinasi akademik dan meningkatakn disiplin belajar siswa kelas X TKR 1 SMK N Kare. Hal ini ditunjukan dari hasil rata-rata prosentase observasi penundaan pekerjaan akademik dan disiplin belajar mengalami peningkatan dari 44% pada siklus I menjadi 59% pada siklus II. Sehingga layanan konseling kelompok realitas dapat mereduksi prokrastinasi akasemik dan meningkatkan disiplin belajar sehingga layak diterapkan di SMK N Kare, Kabupaten Madiun, Provinsi Jawa Timur.


Keywords


Prokrastinasi Akademik; Disiplin Belajar; Konseling Kelompok Realitas

Full Text:

PDF

References


Elfanany, Burhan. 2013. Penelitian Tindakan Kelas: Kunci-Kunci Rahasia Agar Mudah Melaksanakan PTK Dan Menulis Laporan PTK Untuk Guru, Dosen Dan Mahasiswa. yogyakarta: Araska.

Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 FaliqDziy Nuha, Ibnu Mahmudi, Muhammad Jundan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.