Inovasi Media Pembelajaran Untuk Siswa Dengan Gaya Kepribadian Dominance Dari Hasil Analisa Dermatoglyphic Pada Pandemi Covid -19

Zulfitria Zulfitria, Tyasti Aryandini, Zainal Arif

Abstract


Menurut studi dermatoglyphics, seseorang dapat dikategorikan memiliki salah satu gaya kepribadianistik kepribadian dan kecenderungan perilaku berikut yang mungkin Dominance, Influence, Steadiness , Compliance  atau disingkat menjadi DISC. Gaya kepribadian dan gaya belajar seseorang berkaitan dengan kemampuannya untuk mendekati sesuatu secara bermain atau dengan perencanaan. Siswa dengan gaya kepribadian Dominance hanya menempati 15% dari populasi di dunia, Tujuan dari penelitian ini adalah diperlukan inovasi media pembelajaran pada siswa dengan gaya kepribadian dominance ini. Siswa dengan gaya kepribadian dominance menekankan pada penilaian hasil dan rasa percaya diri,  dan memulai dengan kompetitif, dan menggunakan pendekatan berorientasi tujuan untuk menyelesaikan pekerjaan dengan menghilangkan detail yang tidak perlu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dan hasil penelitian ini adalah pengamatan terhadap siswa dengan gaya kepribadian dominance, guru yang melakukan differentiated instructions bisa mengembangkan inovasi media pembelajaran diantaranya dengan menggunakan media yang tidak memiliki banyak detail tapi langsung pada fokus tujuan pembelajaran,  diantaranya adalah menggunakan media eksperimen atau percobaan-percobaan.


Keywords


Dermatoglyphic; gaya belajar; analisa sidik jari; DISC; dominan; eksperimen.

References


http://ejournal.umm.ac.id/ index.php/jinop.

JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), Volume 3, Nomor 1, Mei 2017 P-ISSN 2443-1591 E-ISSN 2460-0873

Dewi Puri Astiti, S.Fil, M.Si Dr. Ni Made Swasti Wulanyani, S.Psi, M.Erg.Psi (2015) Perilaku Kontraproduktif dan model kepribadian DISC pada tenaga kesehatan di RSUD Denpasar Bali. Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran universitas Udayana. https://simdos.unud.ac.id/uploads/file_pendidikan_dir/bd6637ea72a88c7ebbdba085c7e14569.pdf

Research in Early Education Journal Volume 25 – September, 2014 (Bonnstetter & Suiter, 2014 : 32)

Owen J.E., Mahatmya D., Carter R. (2017) Dominance, Influence, Steadiness, and Conscientiousness (DISC) Assessment Tool. In: Zeigler-Hill V., Shackelford T. (eds) Encyclopedia of Personality and Individual Differences. Springer, Cham.

https://doi.org/10.1007/978-3-319-28099-8_25-1

Sudrajat, T., Komarudin, O., Ni’mawati, N., & Zaqiah, Q. (2020). Inovasi Kurikulum dan Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19.

JURNAL ILMIAH WAHANA PENDIDIKAN, 6(3), 339-347. https://doi.org/10.5281/zenodo.3960178

Chun-Hway Hushueh. (2015) Modeling of Multilayered Disc Subjected to Biaxial Flexure Tests. National Taiwan University.

Mischbah, Ifa H. Dahsyatnya Sidik Jari (menguak bakat dan potensi untuk merancang amsa denpan melalui fingerprint analysis). 2000. Visi Media. Bandung.

Rohm, A. Robert. (2000). Positive Personality Profiles: “d-i-s-c-over” personality insight to understand yourself- and others! Atlanta, Ga: Personality insights

Soematdie, Widyarto, Widyantoro. (2016). Designing Web-Based DISC Psychology Personality Analysis Tests Information System Departement, Soegijapranata Catholic University Indonesia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Zulfitria Zulfitria, Tyasti Aryandini, Zainal Arif

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.