Pengaruh Penerapan Project Based Learning Berbantuan Fitur Infografis Pada Canva Terhadap Keterampilan Menulis Teks Iklan Siswa SD Kelas V

Anik Sulifah, Sri Lestari, Endang Sri Maruti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan project based learning berbantuan fitur infografis pada canva terhadap keterampilan menulis teks iklan siswa sekolah dasar kelas V. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan model desain posttest only control grub design. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 01 Manguharjo kota madiun dikelas V mulai tanggal 22 sampai 29 Mei 2023. Dengan jumlah sampel sebanyak 40 siswa dan populasi sebanyak 40 siswa. Total sampling adalah teknik yang digunakan dalam pengumpulan sampel. Berdasarkan analisis hasil posttest diperoleh nilai rata-rata 84 pada kelas eksperimen dan nilai rata-rata 76 pada kelas kontrol. Hasil analisis korelasi pengaruh penerapan project based learning berbantuan fitur infografis pada canva terhadap keterampilan menulis teks iklan siswa SD kelas V diperoleh nilai korelasi r_hitung = 0,792 dengan  r_tabel = 0,306. Dengan demikian nilai r_hitung lebih besar dari r_tabel maka nilai korelasi tersebut sangat signifikan. Uji hipotesis yang dilakukan perhitungan dengan uji t mendapat perolehan t_hitung = 5,230 dengan t_tabel = 1,686 pada taraf signifikan 5%. Dapat ditarik kesimpulan bahwa penelitian penerapan project based learning berbantuan fitur infografis pada canva terhadap keterampilan menulis teks iklan yang dilihat dari pengaruh anatara variable x dan y yaitu adanya pengaruh penerapan project based learning berbantuan fitur infografis pada canva terhadap keterampilan menulis teks iklan siswa sekolah dasar kelas V.


Keywords


Project Based Learning; Infografis; Keterampilan Menulis Iklan

Full Text:

PDF

References


Astuti, Y. W., & Mustadi, A. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Film Animasi Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V Sd. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 250. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2723

Ikhwanuddin, M. A. (2013). Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Pada Siswa Kelas IVA SDN Wonosari 02 Semarang. http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17678

Kurniasih. (2016). Infografik. 43–60. https://doi.org/10.1007/978-3-662-53850-0_5

Lukitaningsih, A. (2013). Iklan yang Efektif Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 13(2), 116–129. http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/Ekonomi/article/view/670/576

Mustari, F. (2021). Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Pembelajaran Menulis Poster Siswa Kelas V Sd Inpres Sero Kec. Somba Opu Kab. Gowa. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Nurdyansyah. (2019). Media Pembelajaran Inovatif. UMSIDA Press.

Rahman Susetyo, H., Bahruddin, M., & Windarti, T. (2015). Efektivitas Infografis Sebagai Pendukung Mata Pelajaran IPS Pada Siswa Siswi Kelas 5 SDN Kepatihan Di Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Art Nouveau, 4(1), 82–91. http://repository.upi.edu/8982/2/t_bp_1007201_chapt

Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317–327.

Susilawati, -, Jannah, W. N., & Dianasari, -. (2018). Efektivitas Project Based Learning Terhadap Keterampilan Menulis Bahan Ajar Ipa Calon Guru Sd. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 10(1), 38. https://doi.org/10.17509/eh.v10i1.8871

Sutinnah, S., Santi, A. U. P., & Rosmi, F. (2020). Efektifitas Infografis pada Materi Listrik Kelas VI dalam Pembelajaran Daring di SDN Kebayoran Lama 07 Pagi. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1–6.

Taspolat, A., Kaya, O. S., Sapanca, H. F., Beheshti, M., & Ozdamli, F. (2017). An investigation toward advantages, design principles and steps of infographics in education. Ponte, 73(7), 157–166. https://doi.org/10.21506/j.ponte.2017.7.9

Triningsih. (2021). Penerapan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kemampuan Menyajikan Teks. Cendekia, 15(1), 128–144. https://doi.org/10.30957/cendekia.v15i1.667.Selama


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Anik Sulifah, Sri Lestari, Endang Sri Maruti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.