Terompah Panjang CENDEKIA (Cerdas Identifikasi Teks Berita) Modifikasi Permainan Tradisional Menjadi Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Nadya Helisa Pinasti, Berliana Kharisma Dani Setiagam

Abstract


Media pembelajaran merupakan salah satu faktor penting yang menunjang proses pembelajaran. Media pembelajaran adalah sebuah alat yang digunakan untuk menyampaikan pesan pembelajaran. Pendidik harus memiliki kemampuan untuk membuat dan memilih media yang menarik dan beragam agar mampu meyampaikan materi atau bahan ajar dengan baik, membuat media yang sesuai dengan bahan ajar sehingga siswa mampu memahami materi melalui media yang disiapkan pendidik. Contoh media yang dapat digunakan dalam pembelajaran adalah terompah panjang. Penggunaan media pembelajaran terompah panjang CENDEKIA (Cerdas Indentifikasi Teks Berita) yang merupakan modifikasi permaianan tradisional menjadi media pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Teks berita penting karena dapat membantu siswa dalam melatih bahasa Indonesia. Hal ini dikarenakan penulisan berita meggunakan bahasa yang baku, baik, dan tepat. Modifikasi permainan tradisional menjadi media pembelajaran sekaligus memperkenalkan kepada siswa tentang permainan tradisional dan nilai-nilai yang terkandung dalam permainan tradionaL. Nilai-nilai pada permainan tradisional terompah panjang antara lain yaitu nilai kebersamaan, nilai solidaritas, nilai kepempimpinan, nilai toleransi, dan nilai kejujuran. Dengan media pembelajaran tujuan pembelajaran dapat tersampaikan dengan lebih baik.


Keywords


Pembelajaran Bahasa Indonesia, Modifikasi permaianan tradisional, Media Pembelajaran, Terompah panjang Cendekia.

Full Text:

PDF

References


Jennah, Rodhatul. (2009). Media Pembelajaran. Banjarmasin: ANTASARI PRESS.

Nugrahastuti, Eka, Endah Puspitaningtyas, Mega Puspitasari, dan Moh. Salimi. (2016). Nilai-Nilai Karakter Pada Permainan Tradisional. Jurnal FKIP UNS, 271-272.

Nurrita, Teni. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatan Hasil Belajar Siawa. Ilmu-Quran, 177-180.

Risa, Maulida dan Dias, wahyuni. (2018) Penggunaan Media Pembelajaran Inovatif. Journal eprintis UMSIDA, 8-9.

Subagyo, D. P., Soegiyanto, S., & Irawan, F. A. (2022). Revitalisasi game asli Kabupaten Semarang Serok Mancung. Sriwijaya Journal of Sport, 1(3).

Ashari, M. A. (2019). Perbandingan Pengaruh Permainan Olahraga Tradisional Hadang, Terompah Panjang, Egrang terhadap Peningkatan Daya Tahan, Kecepatan, dan Keseimbangan pada Siswa Ekstrakurikuler SD Impres 1 Tenga Kabupaten Bima NTB. Jurnal Penjaskesrek, 6(2), 231-239.

Triansyah, A., Haetami, M., Hidasari, F. P., & Bafadal, M. F. (2021). Permainan Tradisional: Upaya Menjaga Kebugaran Jasmani Peserta Didik Di Kota Pontianak. Jurnal Bina Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 10-17.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nadya Helisa Pinasti, Berliana Kharisma Dani Setiagam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.