Meningkatkan kemampuan mengingat kata (Print Knowledge) melalui pembelajaran berbasis multimedia powerpoint di Paud Bahtera Kasih
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah multimedia powerpoint dapat meningkatkan kemampuan mengingat kata pada anak di PAUD Bahtera Kasih Kota Madiun. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B berjumalah 9 anak yang terdiri dari 5 anak laki-laki, dan 4 anak perempuan. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang menggunakan 2 siklus. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan yaitu, kemampuan mengingat kata benda yang sudah didengar, menyebutkan gambar mana yang mempunyai suku kata awal sama dan membaca kata sederhana. Berdasarkan hasil observasi pada siklus I diketahui kemampuan mengingat kata pada anak dikategorikan dengan cukup. Sedangkan pada siklus 2 diketahui adanya peningkatan pada pembelajaran mengingat kata yang dikategorikan dengan baik. Penelitian inid apat disimpulkan bahwa penerapan powerpoint berpengaruh pada pembelajaran mengingat kata di kelompok B PAUD Bahtera Kasih Tahun pelajaran 2021/2022
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S., Suhardjono., Supardi. 2019. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Abidin, Mulyati., & Yunansah. 2018. Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi, Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara
Asyhar, R. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press
Christina, SP. 2019. Mengajar Membaca Itu Mudah. Yogjakarta: CV Alaf Media.
Daryanto. 2018. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Penerbit Gava Media
Jalinus, N., Ambiyar. 2016. Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Kurniawan, N. 2017. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Deepublish
Lestari, N. 2020. Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Klaten: Lakeisha
Madyawati. 2016. Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Prenadamedia Group
Nurfadillah, S. 2021. Media Pembelajaran. Jawa Barat: CV Jejak
Paizaluddin, & Ermalinda. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta
Rohita, 2021. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Deepublish
Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. 2018. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Susanto. 2014. Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta : Prenadamedia Group
Syifauzakia, Ariyanto & Aslina. 2021. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Batu: Literasi Nusantara
Werdiningsih, D. 2021. Literasi Sains dan Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi
Wibawanto, W. 2017. Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember : Cerdas Ulet Kreatif
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Debie Shinta Kusumaningrum, Fida Chasanatun, Hermawati Hermawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.