Penerapan Bahan Ajar E-book Berbasis SETS untuk Menguatkan Literasi Sains Siswa kelas VI Sekolah Dasar

Retno Febrianti, Pinkan Amita Tri Prasasti, Naniek Kusumawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan bahan ajar berupa E-book berbasis SETS (Science Environment Technology Society) untuk menguatkan literasi sains pada kelas VI SDN Pilangbango Kota Madiun sebagai salah satu media pembelajaran yang mudah di gunakan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskritif. Teknik pengumpulan data didasarkan pada sumber data yaitu RPP, Silabus, Observasi, Wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisi data disumpulkan bahwa bahan ajar E-book berbasis SETS untuk menguatkan literasi sains tergolong inovatif. Berdasarkan hasil wawancara, dokumentasi, observasi maupun pemberian angket respon siswa di kategorikan baik, dimana siswa antusias dalam menggunakan E-book berbasis SETS dalam pembelajaran. Siswa menjadi gemar belajar karena selain mudah juga terdapat nyanyian di dalamnya, kerjasama siswa juga terbentuk dalam kegiatan berkelompok sehingga mampu untuk menumbuhkan sikap positif terhadap siswa dalam interaksi.


Keywords


Bahan Ajar E-book Berbasis SETS, Literasi Sains, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Fatchan, Soekamto, H., & Yuniarti, Y. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Science Environment, Technology, Society (SETS) Terhadap Kemampuan Berkomunikasi Secara Tertulis Berupa Penulisan Karya Ilmiah Bidang Geografi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 21(1), 33–40.

Fuad, N. (2016). Mengenal Ebook dan Bagaimana Membacanya di PerangkatAndroid dan PC.

Kusumawati, N., & Rulviana, V. (2006). Penerapan Model Pembelajaran OEL untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Materi Alat Pencernaan Manusia pada Siswa Kelas V SDN Kertosari I Madiun. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 4(1), 58–69.

Moh Nazir. (2014). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia.

Prasasti, P. A. T., & Listiani, I. (2019). Sets: Perspektif Dalam Memberdayakan Science Literacy. Prosiding Seminar Nasional Hasil …, 228–233.

Sugiyono. (2015). metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta cv.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Retno Febrianti, Pinkan Amita Tri Prasasti, Naniek Kusumawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.