Self disclosure melalui media sosial pada mahasiswa bimbingan dan konseling Universitas PGRI Madiun

Nadela Anita Sari, Dahlia Novarianing Asri, Ratih Christiana

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui proses self disclosure (pengungkapan diri) dan kondisi mahasiswa Bimbingan dan Konseling dalam pemanfaatan penggunaan media sosial. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode fenomenologi. Instrumen penelitian berupa observasi dan wawancara dengan resonden penelitianya adalah mahasiswa Bimbingan dan Konseling semester 6 angkatan tahun 2019 yang berjumlah 3 mahasiswa dengan kualifikasinya adalah mahasiswa aktif Program Studi Bimbingan dan Konseling, tergolong dalam ketegori usia remaja sekitar 18-22 tahun, dan pengguna media sosial yang memiliki beberapa akun media sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap mahasiswa berbeda-beda dalam memanfaatkan media sosial. Media sosial tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi, akan tetapi media sosial juga digunakan untuk hiburan dan menganggap media sosial adalah tempat ternyaman untuk mengungkapkan kondisi yang dialami sehingga mereka lebih terbuka di media sosial dan melakukan self disclosure (pengungkapan diri) dengan membagikan kegiatannya hingga mengungkapkan perasaannya dalam postingan di media sosial. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa, penggunaan media sosial oleh mahasiswa disini sebagai media mengungkapkan dan mengekspresikan keadaan dan kondisi yang mahasiswa alami dalam kehidupan sehari-hari.

Keywords


Self disclosure, Media sosial

Full Text:

PDF

References


Ainur Rofiq, F. (2019). Gambaran Self-Disclosure Melalui Social Media Pada Siswa Sman Plus Sukowono. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Jember.

Arnus, S. H. (2016). Self Disclosure di Media Sosial pada Mahasiswa IAIN Kendari (Suatu Kajian Psikologi Komunikasi Pada Pengguna Media Sosial). Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian, 11(2), 143–160.

Asri, D. N., Afifah, D. R., & Psi, S. (2018). Praktik Pemahaman Individu. Magetan: CV. AE MEDIA GRAFIKA.

Ayun, P. Q. (2015). Fenomena Remaja Menggunakan Media Sosial dalam Membentuk Identitas. Jurnal Channel, 3(2), 1–16.

Christiana, R. (2016). Self Disclosure-based Family Counseling Theory to Enhance Harmony Multicultural Family Background. Proceedings International Seminar FoE (Faculty of Education), 287–293.

Hasan, M. R. (2017). Motif Diversi dan Self-disclosure pada Mahasiswa Pengguna Instagram. Skripsi. Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.

Kemendagri. (2014). Optimalisasi Media Sosial. In Tim Pusat Humas Kementerian Perdagangan RI (Vol. 53, Issue 9).

Mahardika, R. D. (2019). Pengungkapan Diri pada Instagram Instastory. Jurnal Studi Komunikasi, 3(1), 101–117. https://doi.org/10.25139/jsk.3i1.774.

Oktavianti, M. A. (2018). Instagram Stories sebagai media Self Disclosure mahasiswa Ilmu Komunikasi UINSA. Skripsi. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Pakuningjati, A. L. (2015). Pengelolaan Media Sosial dalam Mewujudkan Good Governance (Studi Kasus Pengelolaan Media Sosial LAPOR! sebagai Sarana Aspirasi dan Pengaduan Rakyat secara Online Oleh Deputi I Kantor Staf Presiden). Skripsi. Universitas Gadjah Mada.

Purbohastuti, A. W. (2017). Efektivitas Media Sosial Sebagai Media Promosi. Tirtayasa Ekonomika, 12(2), 212–231.

Sabaruddin, S. (2019). Self-disclosure pada Mahasiswa Pengguna Instagram (Studi Kasus Mahasiswa Politeknik Pertanian Negeri Pangkep). Journal of Communication Sciences (JCoS), 1(2), 111–120.

Sari, M. P. (2018). Keterbukaan Diri (Self-Disclosure) di Media Sosial (Studi Korelasi Aktivitas Menggunakan Media Sosial Instagram Dengan Keterbukaan Diri (Self Disclosure) Pada Anggota Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia Shollahuddin Al-Ayyubi UNS).

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Williams, P., Stohlman, T., & Polinsky, H. (2017). Me, My “Selfie” and I: A Survey of Self-disclosure Motivations on Social Media. IAFOR Journal of Cultural Studies, 2(2), 71–85. https://doi.org/10.22492/ijcs.2.2.05.

Wiyono, T., & Muhid, A. (2020). Self-disclosure melalui Media Instagram : Dakwah bi al-nafsi melalui Keterbukaan Diri Remaja. 40(2), 141–154.

Yz-zahra, F. A., & Hasfi, N. (2018). Studi Fenomenologi Online Self Disclosure melalui Instagram Story. Interaksi Online, 7(1), 56–67.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nadela Anita Sari, Dahlia Novarianing Asri, Ratih Christiana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.