Efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing terhadap peningkatan pemahaman peran gender pada siswa kelas VIII MTSN 3 Magetan tahun ajaran 2021/2022

Aticha Ardhianita Sari, Silvia Yula Wardani, Suharni Suharni

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya pemahaman peran gender pada siswa di MTsN 3 Magetan. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah menjelaskan efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing terhadap peningkatan pemahaman peran gender pada siswa kelas VIII MTsN 3 Tahun Ajaran 2021/2022 yang terdiri dari 30 siswa. Sampel penelitian ini menggunakan metode purposive sampling sebanyak 8 orang siswa MTsN 3 Magetan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket. Data diolah dan di analisis dengan menggunakan rumus  paired sample t test. Berdasarkan hasil setelah diberikan treatment bimbingan kelompok dengan teknik role playing dapat dibuktikan dengan hasil data penelitian yang menunjukkan bahwahasil rata-rata pretest sebesar 76,25 dan hasil rata-rata posttest sebesar 102,25. Dan uji paired sample t test menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 yang mana <0,05 maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan antara nilai pretest dan posttest atau dapat disimpulkan “layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing efektif untuk meningkatkan pemahaman peran gender pada siswa kelas VIII MTsN 3 Magetan”.

Keywords


Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing, Pemahaman Peran Gender

Full Text:

PDF

References


Alamri, Nurdjana. 2015. “LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI PERILAKU TERLAMBAT MASUK SEKOLAH (Studi Pada Siswa Kelas X SMA 1 Gebog Tahun 2014/2015).” Jurnal Konseling Gusjigang 1(1). doi: 10.24176/jkg.v1i1.259.

Herlina, Uray. 2015. “Teknik Role Playing Dalam Konseling Kelompok.” Jurnal Pendidikan Sosial 2(1):94–107.

Indarni, Novita. 2012. “Efektivitas Cerita Bergambar Terhadap Pemahaman Peran Gender Pada Anak Di Taman Kanak-Kanak.” Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies 1(1):5–9.

Oktivianto, Orchidta Ikhwani, Hudaidah Hudaidah, and Alian Alian. 2018. “Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Role Playing Dengan Media Film Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Dalam Pelajaran Sejarah Materi Perang Palembang Kelas X Di SMA Srijaya Negara Palembang.” Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik) 3(2):113. doi: 10.26740/jp.v3n2.p113-118.

Rahmayani, Sri. 2018. “MENINGKATKAN PEMAHAMAN PERAN GENDER MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 05 MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018 SKRIPSI.”

Sugiyono. 2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Syahputra, Yuda. 2016. “Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Pemahaman Peran Gender Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Medan.”

Tohirin. 2015. BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH DAN MADRASAH (BERBASIS INTEGRASI). Jakarta: PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

Wardhana, Ozy Kesuma. 2019. “PENERAPAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PERAN GENDER SISWA KELAS VIII MTSN 3 MEDAN T.A 2018/2019.”


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aticha Ardhianita Sari, Silvia Yula Wardani, Suharni Suharni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.