Pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar tematik pada tema 9 kelas V SD
Abstract
Tujuan dari penulisan artikel ini yaitu ntuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar tematik pada tema 9 kelas V SDN 01 Taman Kota Madiun. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Desain penelitian yaitu Quasi Experimen Design dengan jenis Nonequivalent Control Group Design. Berdasarkan uji t post test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol data post test thitung(9,090)>ttabel (2,204) maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga keputusan uji hipotesis pada penelitian ini setelah memberi perlakuan dinyatakan bahwa “model pembelajaran problem based learning berbantuan media audio visual bepengaruh terhadap hasil belajar tematik pada tema 9 kelas V SDN 01 Taman Kota Madiun. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ada pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan media audio visual bepengaruh terhadap hasil belajar tematik pada tema 9 kelas V SDN 01 Taman Kota Madiun.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Darmawan, D. S., Nuresa, Q. O. A., Khoirunisa, D. N., Widodo, E. R., Wulandari, Y., & Suprapto, E. (2021). Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika di Sekolah Inklusi. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 9(2), 236-244.
Hidayah, N. (2015). Pembelajaran Tematik Integratif Di Sekolah Dasar. TERAMPIL Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2, 33–49.
Kadir, A. & H. A. (2014). PEMBELAJARAN TEMATIK. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Rivaldi, K. H. O., Putra, D. K. N. S., & Putra, I. K. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Audio Visual Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), 128. Https://Doi.Org/10.23887/Jisd.V2i2.15494
Saputro, K. A., Sari, C. K., & Winarsi, S. (2021). Peningkatan Keterampilan Membaca Dengan Menggunakan Media Audio Visual Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1910–1917.
Sugiyono. (2019). METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 IIN DWI WULANDARI, Diyan Marlina, Fida Rahmantika Hadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.