Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Inquiry Learning di Kelas IV SDN 060833 Medan

Indah Metasari Sipahutar, Dewi Anzelina, Sumarlin Mangandar Marianus, Patri Janson Silaban

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Inqury Learning. Subjek dalam penelitian berjumlah 30 siswa. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Hasil penelitian yang dilaksanakan pada pratest (tes awal) siswa memperoleh nilai tuntas sebanyak 10 siswa (33,33%) sedangkan siswa yang tidak tuntas sebanyak 20 siswa (66,67%), dengan rata-rata hasil belajar siswa (54,65%). Pada tahap post test siklus I meningkat menjadi 14 siswa yang tuntas (46,67%) dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 16 siswa (53,33%), dengan rata-rata hasil belajar siswa (71,35%). Pada tahap post test siklus II terdapat peningkatan menjadi 24 siswa yang tuntas (80%) dan yang tidak tuntas sebanyak 6 siswa (20%), dengan rata-rata hasil belajar siswa (84%). Kemudian pada hasil observasi aktivitas guru dalam pelaksanaan pembelajaran pada siklus I memperoleh nilai sebanyak (68,33%) dengan kategori (baik), siklus II meningkat sebanyak (91,66%) dengan kriteria (baik sekali). Dan pada hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I memperoleh nilai sebanyak (60%) dengan kategori (Cukup), siklus II meningkat sebanyak (96%) dengan kategori (baik sekali). Model pembelajaran Inquiry Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN 060833 Medan Tahun Pembelajaran 2021/2022.


Keywords


Hasil Belajar, Model pembelajaran Inquiry Learning.

Full Text:

PDF

References


Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O. (2013). Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. In Computer Physics Communications (Vol. 180, Issue 4). Https://Doi.Org/10.1016/J.Cpc.2008.12.005

Akhiruddin, Sujarwo, Atmowardoyo, H., & H, N. (2019). Belajar Dan Pembelajran (Jalal (Ed.)). CV. Cahaya Bintangg Cemerlang Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo BTN Indira Residence Blok E No. 10 Sungguminasa Kab. Gowa.

Amry, Z., & Badriah, L. (2018). Pembelajaran Tematik Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 6(2), 254–270.

Anzelina, D. (2015). Penerapan Metode Utang (Ular Tangga) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sd Negerino 101731. 0–15.

Anzelina, D. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Discovery Learning Pada Mata Pelajaran IPA Di KELAS V SD ST. ANTONIUS BANGUN Mulia Medan. Jurnal Transpormasi Pembelajaran Nasional, 1(2798–9100), 112.

Aprilya, A. (2020). Penggunaan Model Inquiry Learning Dalam Pembelajaran (Umaya Yayuk (Ed.)). Ahlimedia Press, Jl. Ki Ageng Gribig, Gang Kaserin MU NO.36 Kota Malang 65138.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian,Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:PT.Rineka Cipta, Kompleks Perkantoran Mitra Matraman Blok. B NO. 1-2 Jl.Matraman Raya No.148 13150.

Arikunto, S. (2016). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (R. Damayanti (Ed.)). PT. Bumi Aksara.

Asrori. (2020). Psikologi Pendidikan Pendekatan Multidisipliner By Asrori (Z-Lib.Org). Penerbit CV. Pena Persada , Jl. Gerilya No. 292 Purwokerto Selatan, Kab. Banyumas Jawa Tengah.

Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis (A. Syaddad (Ed.)). CV. Kaaffah Learning Center Kompleks Griya Bumi Harapan Permai B44 Jalan Syamsu Alam Bulu, Kota Parepare, Sulawesi Selatan.

Faizah, S. (2017). Hakikat Belajar Dan Pembelajaran. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Volume, 1(2).

Fitri, Y. (2016). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Tenaga Pendidik Profesional (Arifin (Ed.)). PT. Pustaka Insan Madani, Anggotaa IKAPI.

Gaol, R. L., & Simarmata, E. J. (2019). Efektivitas Bahan Ajar Tematik Sekolah Dasar Berbasis Budaya Lokal Melalui Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Aktivitas Belajar Siswa. Guru Kita, 3(4), 342–348. Https://Jurnal.Unimed.Ac.Id/2012/Index.Php/Jgkp/Article/View/15079

Hayati, S. (2017). Belajar Dan Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning. In Magelang: Graha Cendekia.

Istarani. (2017). 58 Model Pembelajaran Inovatif (Abdussalarn & Siddik (Eds.)). Medan: Media Persada.

Istarani, P. (2020). Ensiklopedia Pendidikan (Sembiring & Ridwan (Eds.)). LARISPA.

Jihad, & Haris. (2020). Evaluasi Pembelajaran. Multi Pressindo, Jl. Wonosari Km.7 Mantup No. 144 RT 15 Baturetno.

Kadir.Abd. (2015). Pembelajaran Tematik. Jakarta: Rajawali Pers 2015. Xii, 210 Hlm., 23 Cm.

Kurniawan, B., Wiharna, O., & Permana, T. (2017). Studi Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif. Journal Of Mechanical Engineering Education, 4(2), 156. Https://Doi.Org/10.17509/Jmee.V4i2.9627

Kusumawati, N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SDN Bondrang Kecamatan Sawoo Kabupaten Ponorogo. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 2(1), 1–12. Https://Doi.Org/10.21154/Ibriez.V2i1.19

Maharani, D. A. M., Rahmawati, I., & Sukamto, S. (2019). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Tematik Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Team Quiz Dan Media Teka Teki Silang. International Journal Of Elementary Education, 3(2), 151. Https://Doi.Org/10.23887/Ijee.V3i2.18522

Nabillah, T., & Abadi, A. (2021). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(1), 60–64.

Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran. In Nizmania Learning Center. Nizamia Learning Center Sidoarjo.

Nursyaidah. (2014). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Belajar Peserta Didik. Forum Paedagogik Jurnal Pendidikan Agama Islam, 12(2721–8414), 70–79.

Pramana, M., & Wibowo, B. K. (2020). Prinsip-Prinsip Belajar Dan Konsep Perkembangan Tingkah Laku Manusia. Jurnal Mimbar Bumi Bengawan, 2, 1–11. Http://Jurnal.Stia-Asmisolo.Ac.Id/Index.Php/Jmbb/Article/View/89

Prasetiyo, M. B., & Rosy, B. (2021). Model Pembelajaran Inkuiri Sebagai Strategi Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(1), 109–120.

Pratiwi, Sujana, & Jayadinata. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Materi Pesawa Sederhana. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 100–104. Https://Doi.Org/10.33369/Diklabio.1.1.100-104

Prihartini, E. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil BelajarIpa. Instruksional, 1(2), 152. Https://Doi.Org/10.24853/Instruksional.1.2.152-158

Purwanto. (2017). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta:Pustaka Belajar.

Rajagukguk, N., Simarmata, E., & Anzelina, D. (2020). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick Pada Tema Indahnya Kebersamaan Di Kelas Iv Sd Negeri 097375 Tiga Raja. JGK (Jurnal Guru Kita), 4(4), 33–43.

Rusman. (2017). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Propesionalisme Guru. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.

Sahputra, E. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (Stad) Mata Pelajaran Ips Pokok Bahasankenampakan Alam Dan Budaya Di Kelas Iv Sd Negeri 055988 Gunung Ambat Tahun Pembelajaran 2017/2. Jurnal Ilmiah Aquinas Terbit, 1(1), 22–43.

Saragih, L. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Lisenia. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688.

Setiawan, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran (Fungky (Ed.)). Uwais Inspirasi Indonesia Redaksi Ds. Sidoharjo, Kec. Pulung, Kab. Ponorogo.

Setiawati, S. M. (2018). Telaah Teoritis: Apa Itu Belajar ? Jurnal Bimbingan Dan Konseling FKIP UNIPA, 35(1), 31–46.

Shoimin, A. (2018). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta:Ar-Ruzz Media.

Simatupang, E. (2021). Penerapan Model Inquiry Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 Sd Negeri 094175 Margosono Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Mitra Pendidikan, 2(10), 1063–1077.

Suardi, & Syofrianisda. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. Penerbit Parama Ilmu Yogyakarta 2018.

Sugianto, I., Suryandari, S., & Age, L. D. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Di Rumah. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 159–170. Https://Doi.Org/10.47492/Jip.V1i3.63

Sugiyono. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R& D. Alfabeta, CV. Jl. Gegerkalong Hilir No. 84 Bandung.

Tampubolon. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Erlangga.

Tampubolon, K. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Iv Sdn 106788 Purwodadi Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang Tahun Pembelajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah Aquinas, Ii(1), 22–43.

Tanjung, D. S. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Dengan Menerapakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) Di Kelas V SDN 200111 Padangsidimpian. Jurna Juril AMIK MBP, 4(1), 68–79.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Indah Metasari Sipahutar, Dewi Anzelina, Sumarlin Mangandar Marianus, Patri Janson Silaban

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) diterbitkan oleh UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
SENASSDRA memiliki ISSN: 2987-3940
Alamat: Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.