Analisis Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV Sekolah Dasar

Moch Yoga Artandiyanto, Elly’s Mersina Mursidik, Fida Rahmantika Hadi

Abstract


Pembelajaran pada hakikatnya merupakan suatu proses interaksi yang dilakukan oleh peserta didik dengan lingkungan belajarnya yang di koordinasikan oleh guru. Pada usia anak pendidikan sekolah dasar masih memiliki pola pikir yang operasional konkret dan holistic, oleh sebab itu pembelajaran harus dilakukan secara terpadu. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis bagaimana motivasi belajar siswa dan menganalisis faktor apa saja yang mempengaruhi motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran tematik di kelas 4 SDN 4 Kutukan. Peineilitian ini meingguinakan peineilitian kuialitatif, menggunakan lembar observasi, serta pedoman wawancara. Peneliti menggunakan validasi data untuk memperkuat ketepatan antara data yang dilaporkan peneliti dengan data yang terjadi pada obyek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan; (1) Motivasi belajar siswa kelas 4 SDN 4 Kutukan sudah sangat baik, (2) Ketika kegiatan pembelajaran berlangsung guru kelas 4 SDN 4 Kutukan selalu berusaha menumbuhkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan media dan model pembelajaran yang menarik, (3) motivasi belajar siswa terdapat faktor-faktor yang mempengaruhinya, yaitu cita-cita, kemampuan belajar siswa, kondisi jasmani dan rohani siswa, kondisi lingkungan kelas, unsur-unsur dinamis dalam belajar, dan upaya guru membelajarkan pelajaran, (4) terdapat beperapa siswa yang kurang memiliki motivasi belajar hal ini terlihat saat kegiatan pembelajaran siswa kurang memiliki kemampuan belajar

Keywords


Motivasi Belajar; Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Amelia, D. J. (2017). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Berorientasi Multiple Intelligences di kelas awal SD Muhammadiyah 9 Malang. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 3(1), 13–28.

Ananda, R., & Fadhilaturrahmi. (2018). Analisis Kemampuan Guru Sekolah Dasar Dalam Implementasi Pembelajaran Tematik Di SD. Jurnal Basicedu, 2(2), 11–21.

Arianti, A. (2019). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134.

Berliana, A. (2014). Faktor Motivasi Untuk Menumbuhkan Belajar Peserta Diklat. Jurnal Inspirasi, 23–28.

Hadi, M. N. (2021). Fakultas Agama Islam The Urgency of Social Institutions in Education. XV(02).

Harahap, N. F., Anjani, D., & Sabrina, N. (2021). Analisis Artikel Metode Motivasi dan Fungsi Motivasi Belajar Siswa. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 198–203.

Isnawati, N., & Samian. (2010). Kemandirian belajar ditinjau dari kreativitas belajar dan motivasi belajar mahasiswa. Journals.Ums.Ac.Id, 1, 128–144.

Jamal, A. B., Retno, R. S., & Dewi, C. (2022). Analisis motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas 2 SDN 1 Tawangrejo. Prosiding Konferensi Ilmiah …, 3, 515–522.

Ratnawati, A. (2014). Pengaruh Kesiapan Belajar, Minat Belajar, Motivasi Belajar, Dan Sikap Siswa Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Jurusan Administrasi Perkantoran Pada Mata Diklat Produktif Ap Di Smk Negeri 2 Semarang. Economic Education Analysis Journal, 3(1), 77–82.

Syaifuddin, M. (2017). Implementasi Pembelajaran Tematik di Kelas 2 SD Negeri Demangan Yogyakarta. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(2), 139.

Syarifuddin, S., Aisyah, S., & Triana, Y. (2021). Meningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tatap Muka Usai Belajar Online Akibat Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 278–288.

Utami, I. T., & Nurhayati, S. (2021). Jurnal Wacana Kesehatan Gambaran Motivasi Belajar Mahasiswa pada Pembelajaran Online Selama Masa Pandemik Covid-19 di Akper Dharma Wacana Student Learning Motivation in Online Learning During the Covid-19 Pandemic at Dharma Wacana Nursing Academy Utami ,. 6, 60–68.

Wahyuni, H. T., Setyosari, P., & Kuswandi, D. (2016). Implementasi Pembelajaran Tematik Kelas 1 Sd. Edcomtech, 1(2), 129–136.

Yuniasih, N., Ladamay, I., & Wahyuningtyas, D. T. (2014). Analisis Pembelajaran Tematik Pada Kurikulum 2013 Di Sdn Tanjungrejo 1 Malang. Mimbar Sekolah Dasar, 1(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.