Pemanfaatan Aplikasi Math Puzzle Games Dalam Pembelajaran Matematika

Derra Valentza

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas penggunaan aplikasi math puzzle games dalam meningkatkan kemampuan matematika siswa. Aplikasi ini dirancang untuk menyajikan konsep-konsep matematika dalam bentuk permainan yang menarik dan menantang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi-eksperimen dengan desain pre-test dan post-test pada dua kelompok siswa, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan aplikasi dan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan matematika dan angket motivasi belajar. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan aplikasi puzzle math games menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan matematika dibandingkan dengan siswa yang belajar melalui metode konvensional. Selain itu, motivasi belajar siswa juga meningkat setelah menggunakan aplikasi ini. Temuan ini menunjukkan bahwa aplikasi puzzle math games dapat menjadi alat bantu yang efektif dalam pembelajaran matematika, membantu siswa memahami konsep-konsep yang sulit dengan cara yang lebih menyenangkan dan interaktif.


Keywords


aplikasi math puzzle games; pembelajaran matematika kemampuan matematika; motivasi belajar.

Full Text:

PDF

References


Gunawan, G., & Suryadi, D. (2021). Enhancing Mathematics Learning Using Math Puzzle

Games Application: A Quasi-Experimental Study. International Journal of Educational

Technology in Higher Education, 18(1), 45.

Hidayah, R. N., Sulasmono, B. S., & Widyanti, E. (2019). Penerapan Model Pembelajaran

Think Pair Share dengan Permainan Puzzle untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir

Kritis Matematika Kelas IV SD. JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika), 3(1), 34-39.

Rina, N.,dkk.(2024) Implementasi game math puzzle sebagai media pembelajaran

numerasi siswa SDN 02 Badrain. Rengganis jurnal pengabdian masyarakat, 127.

Ramadhan, W. S., Rubiati, D., adiluhur, T. T., Syahron, M. A., Fawwaz, B. A., Megawanti, P.,

& Suhendri, H. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan

terhadap Kemampuan Numerasi di SD Dharma Bhakti. Prosiding Diskusi Panel

Nasional Pendidikan Matematika. 45-54.

Chen, Y., & Chang, C. (2020). Effects of Math Puzzle Games on Students’ Mathematical

Problem-Solving Ability and Motivation. Journal of Educational Technology & Society,

(3), 119-132.

Gunawan, G., & Suryadi, D. (2020). The effectiveness of math puzzle games in enhancing

students' mathematics ability: A quasi-experimental study. Journal of Educational

Research and Evaluation, 4(2), 87-102.

Johnson, M., & Smith, A. (2018). Using educational apps to improve mathematics learning:

A review of current research. Educational Technology Research and Development, 66(3),

-661.

Chen, L., & Liu, Q. (2021). Effects of puzzle-based learning on mathematics achievement: A

Johnson, L., Adams Becker, S., Estrada, V., & Freeman, A. (2020). NMC Horizon Report:

Higher Education Edition. The New Media Consortium.

Dalimunthe, R. (2016). Pengumpulan Data melalui Teknik Simak Bebas Libat Cakap dan

Catat. Jakarta: Penerbit Ilmu


Refbacks

  • There are currently no refbacks.