Efektivitas Media E-Modul Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Ipas Pada Siswa Kelas 4 Sdn 01 Nambangan Lor Madiun

Puji Lestari

Abstract


Penelitian ini penulis mengambil tema dan tujuan untuk analisis efektivitas dari penerpan e-modul interaktif dan digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran IPAS di SDN 01 Nambangan Lor Madiun. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif Pre-Experimental dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Penelitian dilakukan pada satu kelas yang menjadi kelompok eksperimen, yaitu sebelum intervensi dilakukan, dilakukan pre test untuk mengukur tingkat pemahaman siswa permulaan dan mengetahui keadaan awal sebelum perlakuan diberikan media e-modul interaktif dan setelahnya melalui post-test. Teknik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan uji Paired Sample T-Test. Kesimpulan dari hasil analisis dan pembahasan dalam penelitian ini yaitu melalui penerapan media pembelajaran e-modul melalui aplikasi canva pada Siswa kelas 4 SDN 01 Nambangan Lor Madiun dapat efektif dalam upaya meningkatkan pemahaman siswa untuk mata pelajaran IPAS materi fotosintesis. Berdasarkan hasil uji t disimpulkan bahwa terdapat efek signifikan dan positif dari penerapan media pembelajaran e-modul interkatif.

Keywords


E-Modul Interkatif; Canva; IPAS; Fotosintesis; SDN 01 Nambangan Lor Madiun

Full Text:

PDF

References


Aryawan, Rizki, I. Gde Wawan Sudatha, and Adrianus I. Wayan Ilia Yuda Sukmana. 2018. “Pengembangan E-Modul Interaktif Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 1 Singaraja.” JurnalEDUTECH Universitas Pedidikan Ganesha 6(2).

Febriani, Nabilla, and Rohmat Widiyanto. 2024. “Pengembangan E-Modul IPAS Sebagai Inovasi Pembelajaran Di Kurikulum Merdeka.” Elementar: Jurnal Pendidikan Dasar 3(2).

Irwansyah, F. S., I. Lubab, I. Farida, and M. A. Ramdhani. 2017. “Designing Interactive Electronic Module in Chemistry Lessons.” International Conference on Mathematics and Science Education (ICMScE) 895(1).

Laili, Ismi, Ganefri, and Usmeldi. 2019. “Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik.” Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran 3(3).

Maulinda, Tiara Nurul, Erna Megawati, and Firda Rafidah. 2024. “Efektivitas Pengembangan E-Modul Interaktif Bahasa Indonesia Materi Teks Prosedur Berbasis Canva.” Jurnal SAP (Susunan Artikel Pendidikan) 8(3).

Novitasari, Aulia Dwi, and Emy Yunita Rahma Pratiwi. 2023. “E-Modul Interaktif Berbasis Canva Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Pada Sekolah Dasar.” INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research 3(3).

Pelangi, Garis. 2020. “Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA.” Jurnal Sasindo Unpam 8(2).

Prabawati, A. 2016. Statistika Penelitian (Analisis Manual Dan IBM SPSS). Yogyakarta: Andi Publisher.

Puspitasari, Sayekti Nur, Suyono, and Erika Laras Astutiningtyas. 2021. “Efektivitas Penerapan E-Modul Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas VIII Pada Materi Pola Bilangan Masa Pandemi.” Journal of Mathematics Education and Learning 1(3).

Rohmah, Novi Lailatur. 2015. “Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi Perubahan Lingkungan Kelas IV MIN Bulusari Gempol Kabupaten Pasuruan.” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang.

Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.