Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Pengolahan Data Berbantuan Media Dabar Kelas IV SDN 04 Klegen

Ira Armisa, Hartini Hartini, Windyana Paramitha

Abstract


Rendahnya minat belajar peserta didik pada pelajaran matematika disebabkan oleh proses pembelajaran yang masih menggunakan metode konvensional dan belum memanfaatkan media konkrit pada materi pengolahan data. Hal ini juga akan berdampak pada hasil belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi pengolahan data dengan bantuan media “dabar” atau dadu bergambar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus pembelajaran. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas IV SDN 04 Klegen yang berjumlah 12 siswa, yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Terdapat 4 tahapan dalam penelitian ini, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, terdapat peningkatan ketuntasan belajar peserta didik dari pra siklus sejumlah 4 siswa (33%) meningkat pada siklus I dengan jumlah 6 siswa (50%), dan siklus ke II meningkat menjadi 11 siswa (92%).


Keywords


Hasil belajar; media dadu bergambar; pengolahan data.

Full Text:

PDF

References


Chomaidi dan Salamah. (2018). Pendidikan dan Pengajaran: Strategi Pembelajaran Sekolah. Jakarta: PT Grasindo.

Fanany, El. (2013). Guru Sejati Guru Idola. Yogyakarta:Araska.

Faradila, Shafira Puspa dan Aimah, Siti. (2018). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SMAN 15 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Unimus. 1

Martinis. (2008). Desain Pembelajaran. Jakarta:Gaung Persada Press.

Mumtahana, Lusia. (2022). Minat Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Lempar Dadu Dan Metode Tanya Jawab Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq. Chalim Journal of Teaching and Learning, 2(1), 1-6.

Nafiati, D.A. (2021). Revisi Taksonomi Bloom: kognitif, afektif, dan psikomotorik. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21 (2), 151-172.

Nurhayati. (2020). Penggunaan Media Dadu Pertanyaan pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Penggunaan Kata Tanya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II SDN 61/X Talang Babat. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 5(2), 219-231.

Rahmayanti, Novia Rofiqoh. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Dadu Edukatif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(02).

Sanjaya, W. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Kencana Prenada Media Group.Yamin,

Saragih, Ana. (2019). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika dengan Menggunakan Media Kartu Bilangan di Sekolah Dasar. Jurnal JRPP, 2(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.