Pengaruh Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Berbantuan Aplikasi Let’s Read Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV

Brynda Devi Septya, Sri Lestari, Dewi Tryanasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model CIRC berbantuan aplikasi let,s read terhadap kemampuan membaca pemahaman. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Dalam penelitian ini, peneliti menerapkan Quasi Eksperiment design dengan bentuk desain Nonequivalent Control Group Design yang melibatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini dilaksanakan di MIN 02 Kota Madiun. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling sehingga diperoleh kelas IV E sebagai kelas kontrol  dan IV F sebagai kelas eksperimen. Untuk teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Tes pretest dan posttest. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. nilai rata-rata sesudah diberikan perlakuan adalah sebesar 82,3. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata posttest sebesar 65,76. Berdasarkan hasil analisis uji t, diperoleh nilai sig.2 (tailed) 0,000. Maka disimpulkan Ha diterima dan H0 ditolak karena 0,000 < 0,05, sehingga dapat dihasilkan keputusan hipotesis yaitu terdapat pengaruh model CIRC berbantuan aplikasi Let’s Read terhadap kemampuan membaca pemahaman.


Keywords


Model CIRC; Let’s Read; Kemampuan Membaca Pemahaman

Full Text:

PDF

References


Alpian, V. S., & Yatri, I. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5573–5581. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3298

Farhani, F., Prasetyawan, A., & Widyartono, D. (2022). Persepsi Orang Tua Terhadap Aplikasi Let’S Read Digital Library. BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 6(1), 108. https://doi.org/10.17977/um008v6i12022p108-123

Krismanto, W., Halik, A., & Sayidiman, S. (2015). Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (Sq3R) Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 46 Parepare. Publikasi Pendidikan, 5(3). https://doi.org/10.26858/publikan.v5i3.1616

Laily, I. F. (2014). Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Kemampuan Memahami Soal Cerita Matematika Sekolah Dasar. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 3(1). https://doi.org/10.24235/eduma.v3i1.8

Mangundap, E. G. M., Katuuk, D. A., Monigir, N. N., & Kumolontang, D. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Tomohon. Epistema, 4(1), 22–30. https://doi.org/10.21831/ep.v4i1.61341

Matondang., A., H., Abdullah., B., M., Widia, F., Ramadani, N., & Melisa, W. (2023). Analisis Kesulitan Membaca di Kelas Rendah. Jurnal Bintang Pendidikan Dan Bahasa, 1(3), 82–91. https://doi.org/10.59024/bhinneka.v1i3.184

Rahayu, I. (2019). Analisis Kompetensi Membaca Komprehensif Siswa Sekolah Dasar. https://repository.unja.ac.id/7840/1/repository.pdf

Rahmi, Y., & Marnola, I. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compotion (Circ). Jurnal Basicedu, 4(3), 662–672. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.406

Riani, N., Ngatman, & Suryandari, K. C. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 6 Jatisari Kecamatan Kedungreja Kabupaten Cilacap Tahun Ajaran 2020/2021. Kalam Cendekia:Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(2), 569–574.

Sumira, D. Z., Deasyanti, D., & Herawati, T. (2018). Pengaruh Metode Scramble dan Minat Baca terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 2(1), 62. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i1.11673


Refbacks

  • There are currently no refbacks.