Penggunaan Media Picture Puzzle Dalam Peningkatan Hasil Belajar Menulis Cerita Pendek Pada Siswa Kelas III SDN 2 Cabean

Dimas Wahyu Nanda

Abstract


Dalam proses pembelajaran dapat ditunjang dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik serta dapat memotivasi siswa dalam proses belajar menulis. Peningkatan hasil belajar siswa ini menjadi focus utama. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengatahui peningkatan hasil belajar menulis dengan media picture puzzle pada siswa kelas III SDN 2 CABEAN. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas III SDN 2 CABEAN. Data dikumpulkan melalui lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa serta lembar soal tes. Teknis analisis data menggunakan persentase. Berdasarkan aktivitas siswa pada siklus I 71,42% sedangkan siklus II 85,71% jadi siklus II mengalami peningkatan. Dilihat dari rata-rata siklus I 55,45 dan siklus II 88,73. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan picture puzzle ini efektif digunakan untuk mengukur kemampuan siswa dalam menulis teks prosedur.

Keywords


Menulis; Cerita Pendek; Picture Puzzle

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, Ardiani Widya. 2012. “Pengaruh Metode Bermain dengan Puzzle Terhadap Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Sifat Bangun Datar Pada Siswa Kelas III SD Kristen Satya Wacana Salatiga Semester II Tahun Pelajaran 2011/2012.

Basri, M & Mawarti (2018). Pengaruh Penggunaan Media Buku Cerita Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD.

Kusumawati,Wahyu Surya. Pengaruh media puzzle terhadap kemampuan kognitif mengenal konsep bilangan pada anak kelompok A di TK Dharma Wanita Ngraseh Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro. jurnal pendidikan anak usia dini Undiksha ,(Online),Vol. 2, No1, juni 2013.

Maviro Anirisa Latut torikir. Penggunaan media puzzle untuk meningkatkan Hasil belajar siswa pada pembelajaran ips di Kelas IV Min Lambaro Aceh Besar. jurnal google cendekiawan (Online), Vol. 1, No. 3, juni 2017.

Purwantoko, Susilo, Sutikno. 2010. “Keefektifan Pembelajaran dengan Menggunakan Media Puzzle terhadap Pemahaman IPA Pokok Bahasan Kalor Pada Siswa SMP”. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6 (2010) 123-127.

Rendra, Ali. Penggunaan media puzzle untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN I Jatipurwo tahun 2011/2012, jurnal google cendekia (Online), Vol. 1, No. 2, Diakses pada tanggal 02 Februari

Santika, A., & Nasution, A. S. (2021). Pengembangan media gambar berseri untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Indonesia di kelas 2 sd.

Suharsimi Arikunto, Suhardjono & Supardi. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Wahyuni R (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Gambar Berseri Berbasis Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Bahasa Indoensia Kelas IV di SD/MI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.