Konsentrasi belajar siswa ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) di Sekolah Dasar

Cindi Maulia Putri, Hartini Hartini, Suyanti Suyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai konsentrasi belajar siswa ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) di SD. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik untuk memeriksa kebsahan data menggunakan triangulasi sumber dan trianggulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa konsentrasi belajar yang dimiliki siswa ADHD ini rendah dibandingkan dengan siswa lainnya, rentan konsentrasi belajar siswa ADHD ada pada rentan waktu 2-6 menit. Dalam kegiatan pembelajaran siswa ADHD sering membuat suasana kelas tidak kondusif, jarang  mencatat, dan tidak mengerjakan tugas karena kekurang mampuan siswa ADHD dalam menulis dan membaca. Hal yang membuat siswa kurang berkonsentrasi saat belajar yaitu siswa ADHD merasa dirinya tidak mampu, tidak tertarik, atau bahkan tidak suka maka membuat siswa ADHD merasa bosan dalam belajar yang membuat konsentrasi belajar siswa ADHD hanya mampu pada rentan waktu yang pendek.


Keywords


Konsentrasi belajar; ADHD

Full Text:

PDF

References


Afifah, S. (2019). Pengaruh Kejenuhan Belajar Dan Interaksi Sosial Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Dengan Sistem Pesantren Modern. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(4), 527–532. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v7i4.4827

Afisa, D. (2018). Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa ADHD dengan Menggunakan Teknik Token Economic. Universitas Negeri Jakarta. Retrieved from http://repository.unj.ac.id/1943/

Andriana, E., Rokmanah, S., & Aprilia, L. (2023). Analisis Tingkat Konsentrasi Belajar Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran dI SD Negeri Tembong 2. Jurnal Holistika, 7(1), 1. https://doi.org/10.24853/holistika.7.1.1-5

Anjani, A. T., Naqiyah, N., Sutijono, & Laksmiwati, H. (2013). Studi Kasus Tentang Konsentrasi Belajar Pada Anak Adhd (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) di SDIT At-Taqwa Surabaya dan SDN V Babatan Surabaya. Jurnal BK UNESA, Volume 1(1),125–135. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk unesa/article/view/2778

Chyquitita, T., Winardi, Y., & Hidayat, D. (2018). Pengaruh Brain Gym terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Kelas IX IPA dalam Pembelajaran Matematika di SMA XYZ Tangerang [The Effects of Brain Gym in Helping Students’ Concentration in Learning Math in Grade XI Science at XYZ Senior High School Tangerang]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 14(1), 39–52. https://doi.org/10.19166/pji.v14i1.438

Deri, N. (2021). Analisis Penerapan Token Ekonomi Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD). Journal information. Universitas Negeri Jakarta. https://doi.org/http://repository.unj.ac.id/14473/

Silitonga, K., Sibagaring, R. U., & Herlina, E. S. (2023). Pola Asuh Orang Tua dalam Penanganan ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(3), 11345–11356. Retrieved from https://publisherqu.com/index.php/pediaqu

Theodora, M. (2022). Efektivitas Penggunaan Teknik Token Economy Dalam Meningkatkan Kesabaran Mengantri Pada Anak Adhd ( Impulsif ). JUDIKHU : Jurnal Pendidikan Khusus, 2(1). /https://ejurnal.universitaskarimun.ac.id/index.php/JUDIKHU/article/download/735/529/

Viona, D. J. (2022). Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Adhd Usia 6-7 Tahun Menggunakan Alat Permainan Edukatif. JUDIKHU Jurnal Pendidikan Khusus, 2, 30–36. https://doi.org/https://ejurnal.universitaskarimun.ac.id/index.php/JUDIKHU/index

Yuyaina, A. N. N., Dinata, I. K., & Madiansyah. (2023). Enhancing Study Focus in Children with ADHD: Strategies for Improved Learning Concentration. The Ushuluddin International Student Conference, 1(2), 886–849. Retrieved fromhttps://proceedings.radenfatah.ac.id/index.php/UInScof2022/article/view/968


Refbacks

  • There are currently no refbacks.