Efektivitas Model CTL Berbantuan Papan Kantong Pancasila Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas III Sekolah Dasar

Betari Firlanda, Vivi Rulviana, Endang Sri Maruti

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan mengeksplor riset penelitian terdahulu yang mengkaji model CTL berbantuan media dapat meningkatkan efektivitas berpikir kritis siswa kelas III sekolah dasar. Di Indonesia kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar tergolong kriteria masih rendah, terutama pada kelas rendah. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan adanya model pembelajaran yang didukung oleh media yang sesuai dengan karakteristik siswa maupun materi pembelajaran karena pendidikan terus berkembang mengikuti zaman yang semakin maju. Penelitian menggunakan metode kuantitatif eksperimen one grub pretest posttest dengan teknik pengambilan sampel jenuh. Sampel jenuh digunakan pada penelitian ini dikarenakan jumlah sampel relatif kecil sekitar 20 siswa. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang sudah dilakukan menujukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) yaitu 0,001 < 0,05 maka dinyatakan H0 ditolak sedangkan Ha diterima.  Pengujian hipotesis didukung oleh hasil uji nilai gain sebesar 0,5933 atau 59.3% artinya nilai tersebut termasuk kategori cukup efektif. Dengan demikian, model CTL berbantuan media papan kantong Pancasila efektif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas III sekolah dasar.


Keywords


CTL; Media Papan Kantong Pancasila; Kemampuan Berpikir Kritis

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aqib & Zainal. (2014). Model-model media dan strategi pembelajaran kontekstual (inovatif). Bandung: CV Yrama Widaya.

Dachliyani, L. (2020). Instrumen Yang Sahih Sebagai Alat Ukur Keberhasilan Suatu Evaluasi Program Diklat. Madika: Perpusatakaan Nasional RI

Damayanti, F., & Nugroho, A. S. (2023). Pengembangan Pakapin (Papan Kantong Pintar) Pada Materi Lambang Pancasila Dan Pengamalan Sila Pancasila Kelas Ii Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar.

Hartono, M., & Sapoetra, J. (2018). Efektivitas Pengawasan Model Pembelajaran Tematik pada Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 125-133.

Heard, Jonathan., Scoular, Claire., Duckworth, Daniel., Ramalingam, Dara., & Teo, Ian. (2022). Critical Thinking : Skill Development Framework.

Hikam, F.F., & Karima, S. (2020). Pengaruh Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Bidang Studi PAI di SDIT Insantama Banjar. Didaktika: Jurnal Kependidikan

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 (Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013). Bogor: Gralia Indonesia.

Irawan Saragih, D., & Surya, E. (2017). Analysis the Effectiveness of Mathematics Learning Using Contextual Learning Model. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR) International Journal of Sciences: Basic and Applied Research.

Johnson, E. B. (2011). CTL Contextual Teaching & Learning Menjadikan Kegiatan BelajarMengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: Kaifa.

Nurafifah, W., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. De Cive: Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan.

Puspita, V., & Dewi, I. P. (2021). Efektifitas E-LKPD berbasis Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulfemi, W. B. (2019). Model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) Berbantu media miniatur lingkungan untuk meningkatkan hasil belajar IPS. Edunomic: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.

Syaifuddin, T., & Nurlaela, L. (2021). Contextual teaching and learning (CTL) model to students improve learning Journal of Recent Educational Research.

Wandani, A. R., & Dewi, D. A. (2021). Penerapan Pancasila Sebagai Dasar Kehidupan Bermasyarakat. De Cive: Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.