Pengaruh Kebiasaan Membaca Terhadap Prestasi Belajar Tematik Siswa Kelas VI

Berliana Antika Putri

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kebiasaan membaca terhadap keberhasilan pembelajaran tematik siswa kelas VI. Studi literatur ini menganalisis berbagai sumber seperti jurnal, buku, dan penelitian-penelitian terdahulu yang berkaitan dengan topik tersebut. Hasil studi menunjukkan bahwa kebiasaan membaca memberikan dampak positif terhadap prestasi belajar tematik siswa terutama dalam hal perluasan kosa kata, kemampuan memahami teks, wawasan pengetahuan, kemampuan berpikir kritis, dan motivasi belajar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa membiasakan siswa membaca sejak usia dini sangat penting untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, terutama dalam pembelajaran tematik yang terintregasi.


Keywords


kebiasaan membaca; prestasi belajar tematik

Full Text:

PDF

References


Cain, K., & Oakhill, J. (2011). Matthew effects in young readers: Reading comprehension and reading experience aid vocabulary development. Journal of learning disabilities, 44(5), 431-443.

Cunningham, A. E., & Stanovich, K. E. (1998). What reading does for the mind. American educator, 22, 8-17.

Eny, F., Nur, S., Hartini. (2023). Analisis penerapan model course review horay (crh)dalam aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas v, 2621-8097.

Guthrie, J. T., Wigfield, A., Humenick, N. M., Perencevich, K. C., Taboada, A., & Barbosa, P. (2006). Influences of stimulating tasks on reading motivation and comprehension. The Journal of Educational Research, 99(4), 232-246.

Hapsari, W., & Putri, N. E. (2019). Pengaruh Kebiasaan Membaca terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 198-205.

Mol, S. E., & Bus, A. G. (2011). To read or not to read: A meta-analysis of print exposure from infancy to early adulthood. Psychological bulletin, 137(2), 267.

Ortlieb, E. T. (2013). Using anticipatory reading guides to improve elementary students' comprehension. International Journal of Instruction, 6(2), 145-158.

Rahim, F. (2008). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Rapp, D. N., Van den Broek, P., McMaster, K. L., Kendeou, P., & Espin, C. A. (2007). Higher-order comprehension processes in struggling readers: A perspective for instruction. Scientific Studies of Reading, 11(4), 289-312.

Slameto, (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Cetakan ke-S. Jakarta: Rineka Cipta..

Somadayo, S. (2011). Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wahyu, K., Lingga, Fida, R., Lingga, N. (2023). Pengembangan Modul Berbasis Kearifan Lokal Magetan Sebagai Penunjang Aktivitas Literasi dan Numerasi nagi Siswa Sekolah Dasar, 2621-8097.

Wigfield, A., & Guthrie, J. T. (1997). Relations of children's motivation for reading to the amount and breadth or their reading. Journal of educational psychology, 89(3), 420.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.