Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Berbantuan Media Google Sites Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SD

Arya Dino Ardana

Abstract


Penelitian ini mempunyai tujuan guna mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran cooperative tipe team asissted individualization berbantuan media google sites terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SD. Penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperiment dengan desain penelitian posttest only control design . Populasi penelitian terdiri dari 46 siswa, dengan sampel sebanyak 23 siswa. Data mengenai hasil belaja dikumpulkan melalui tes, observasi dan analisis statistik memanfaatkan SPSS 20. Perolehan penelitian memperlihatkan jika ditemukan diferensiasi secara signifikan dalam nilai posttest antara kelas eksperimen (memanfaatkan model pembelajaran cooperative tipe team asissted individualization berbantuan media google sites) dan kelas kontrol (yang tidak menggunakan model pembelajaran cooperative tipe team asissted individualization berbantuan media google sites). Hasil analisis hipotesis memperlihatkan nilai signifikansi (2-tailed) ≤ 0,05, dengan nilai posttest siswa pada kelas eksperimen senilai 86,1 serta kelas kontrol senilai 76,3. Kondisi tersebut mengindikasikan bahwa siswa yang terlibat dalam pembelajaran cooperative tipe team asissted individualization dengan media google sites menunjukkan hasil belajar secara lebih baik disandingkan atas siswa yang tidak memanfaatkan model pembelajaran dan media tersebut.


Keywords


hasil belajar; team asissted individualization; google sites

Full Text:

PDF

References


Suryani, A., Suarjana, I. M., & Artini, H. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Berbantuan Cara Sengkedan dan Metode Bernyanyi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Faktor dan Kelipatan. Indonesian Gender and Society Journal, 1(1), 29–34. https://doi.org/10.23887/igsj.v1i1.38986

Luthfiyah, R. M., Taufiq, M., Ghufron, M. S., & Akhwani, A. (2020). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Di Sekolah Dasar. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 10(4), 297–305. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v10i4.19268

Purba, P., Rahayu, A., & Murniningsih, M. (2023). Penerapan Kurikulum Merdeka pada pembelajaran IPAS kelas IV di SD Negeri Tahunan Yogyakarta. Bulletin of Educational Management and Innovation, 1(2), 136–152. https://doi.org/10.56587/bemi.v1i2.80

Nugraha, A. Y. (2023). Analisis Penggunaan Aplikasi Mobile Learning dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa. 3(3), 1–13.

Hermawan, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 102–109.

Ayuwanti, I. (2017). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation di SMK Tuma’ninah Yasin Metro. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 105–114. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1017

Aminah Mursalin, S., & Muhsam, J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Tai (Team Assisted Individualization) Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 2(1), 103–110. https://doi.org/10.51494/jpdf.v2i1.413

Bhagaskara, A. E., Firdausi, A. K., & Syaifuddin, M. (2021). Penerapan Media Webquest Berbasis Google Sites dalam Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 di MI Bilingual Roudlotul Jannah Sidoarjo. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 5(2), 104–119. https://doi.org/10.21067/jbpd.v5i2.5541

Jaya, P., Waridah, & Yakobus, A. (2016). “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Berbasis Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 70–80.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.