Pengembangan E-Komik Interaktif Untuk Pembelajaran SBdP Kelas V di SD Negeri 2 Pagelaran

Yesi Budiarti, Endang Wahyuni, Ardila Mardhatila

Abstract


Penggunaan media pembelajaran e-komik interaktif yang dapat meningkatkan semangat peserta didik dengan pembelajaran yang belum maksimal di terapkan di SD Negeri 2 Pagelaran, khususnya dalam pembelajaran SBdP. Pendidik menyampaikan dengan metode ceramah. Pembelajaran dengan teknologi beberapa kali dijalankan namun belum maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah produk berupa media pembelajaran e-komik interaktif pada materi alat musik tradisional dan modern yang layak dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE terdapat lima tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 2 Pagelaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi, wawancara, lembar validasi, lembar respon peserta didik dan tes hasil belajar. Teknik analisis data untuk uji kelayakan berdasarkan validasi ahli dan uji keefektifan berdasarkan respon peserta didik dan tes hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menghasilkan produk berupa media pembelajaran e-komik interaktif yang telah divalidasi oleh dua validator ahli materi dengan persentase sebesar 98,23% dengan kategori sangat layak dan satu validator ahli media dengan persentase 100% dengan kategori sangat layak dan satu validator ahli bahasa dengan persentase 100% dengan kategori sangat layak dan keefektifan berdasarkan respon peserta didik 84,24% dan tes hasil belajar dengan persentase 91,30%. Berdasarkan hal tersebut, disimpulkan bahwa media e-komik interaktif layak dan efektif digunakan pada pembelajaran SBdP di kelas V SDN 2 Pagelaran.

Keywords


Media pembelajaran; E-Komik Interaktif; ADDIE

Full Text:

PDF

References


Andarini, F. A., & Salim, H. (2021). Implementasi Literasi Digital Pada Pembelajaran Sekolah Dasar Saat Pandemi. Didaktika, 81-89.

Annisa, N., Saragih, A H., & Murid, R, (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 5(2), 210-221. https://doi.org/10.24114/jtikp.v5i2.12599

Angga., Sudarma., & Suartama, (2020). E-Komik Pendidikan Untuk Membentuk Karakter Dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, Vol. 8 N0. (2) pp. 93-106. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU

Al-Tabany, T. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Konseptual (3rd ed.). Kencana.

Astutik, A. F., Rusijono, & Suprijono, A. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Dalam Pembelajaran IPS Sebagai Penguatan Karakter Peserta Didik Kelas V SDN Geluran 1 Taman. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 9(3), 543–554. https://doi.org/10.37081/ed.v9i3.2894

Aprilia, N, D. (2019) pengembangan media buku bergambar jombang. Jurnal Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia, 7(3), 66-82

Branch, R. M. (2010). Instructional design: The ADDIE approach. In Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer US. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6

Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana , A. I. W. Y. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SD Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934.

Laksmi, N. L. P. A., & Suniasih, N. W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Comic Berbasis Problem Based Learning Materi Siklus Air pada Muatan IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 56. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32911

Munjiatun. (2020). Perception Of The Need For Children’s Comic Media Development With The Themes Of Prevention Of Covid-19 In Elementary School Learning. Internasional Journal Of Social Science And Human Research, 03(11), 261-265.

Meilani, M., Risalah, D., & Utin Desy Susiaty, (2022). Pengembangan E-Comic Berkarakter Terhadap Pemahaman Matematis Siswa Pada Materi Segi Empat. Jupenji: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, 1(1), 47-57

Megantari, K., Margunayasa, I. G., & Agustiana, I. G. (2021). Belajar Sumber Daya Alam Melalui Media Komik Digital. Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 139. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.34251

Nurfadhillah, S. (2021). Media Pembelarajan (R. Awahita, Ed.). CV Jejak (Jejak Publisher).https://www.google.co.id/books/edition/MEDIA_PEMBELAJARAN_Pengertian_Media_Pemb/zPQ4EAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Rahmah , R., Susilo, H., & Yukiati, L., (2021). Pengembangan Media Interaktif Tema “Sehat Itu Penting” untuk Meningkatkan Literasi Digital pada Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 70—78.

Rahmi Mudia. (2022). Media Pembelajaran. Sumatra Barat: PT.GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI

Rohmaini, L., & Netriwati, N. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Berbantuan Wingeom. Jurnal Uniga.

Rengga, R. N. (2017). Pengembangan e-komik sejarah materi pokok meneladani kepahlawanan dan patriotisme untuk kelas IV SD Negeri Purwantoro 2 Malang. Universitas Negeri Malang.

Sukayanti., dkk. (2018). Pengembangan Blended Learning Tipe Flipped Classroom Pada Mata Pelajaran Seni Budaya kelas XI. Jurnal Edutech Undiksha, 6(1), 134-146.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif dan R & D (13th ed.). Alfabeta.

Setyaningrum, F, & Hutami, H. A (2021). Pembentukan Kreativitas Melalui Pembelajaran Sbdp Kelas IV Pada Materi Melukis Di SD Muhammadiyah, Condongcatur. Taman Cendekia Jurnal Pendidikan Ke-SD-An 5(1), 515-527 https://doi.org/10.30738/tc.v5i1.9736


Refbacks

  • There are currently no refbacks.