Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Materi Bagaimana mendapatkan Energi Listrik dengan Media berbasis Konkret Kelas V di SD negeri 04 Klegen

Ilham Ma’rufin, Hartini Hartini, Rohmadi Rohmadi

Abstract


Tujuan penelitian adalah peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan media konkret pembelajaran IPAS dalam hubungan struktur tumbuhan dengan fungsinya di kelas V SD Negeri 04 Klegen. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Bentuk penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas dan sifat kolaboratif. Setting penelitian SD Negeri 04 Klegen. Waktu penelitian Mei 2024. Teknik pengumpulan data observasi langsung,alat pengumpul data lembar observasi peserta didik dan observasi guru pada siklus I dan II. Hasil penelitian persentase peserta didik diperoleh belum memenuhi KKM 5 peserta didik tuntas dan 9 peserta didik belum tuntas pada Siklus I dengan presentase 35,71% sehingga hasil yang diperoleh belum mencapai KKM. Siklus II penelitian persentase peserta didik diperoleh memenuhi KKM 11 peserta didik tuntas dan 3 peserta didik belum tuntas pada Siklus II dengan presentase 78,57% sehingga hasil yang diperoleh sudah mencapai KKM.


Keywords


Energi; Listrik; Media Konkret.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.

Jakarta: Rineka Cipta.

Pardjono, DKK, 2007, Panduan Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Yogyakarta.

Sanjaya Wina, 2011, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajara, Jakarta:Prenada media grub.

Sardiman, Arief, 2010, Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Thobroni Muhammad, 2013, Belajar dan Pembelajaran, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media


Refbacks

  • There are currently no refbacks.